digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 1 Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 2 Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 3 Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 4 Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 5 Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

PUSTAKA Rudi Kurnia
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Video mappingmerupakan salah satu bagian dari disiplin ilmu Augmented Reality(realitas tetambah) atau sebuah realitas buatan, tetapi pada praktiknya video mappingsendiri bisa menjadi lebih kompleks dan luas karena penggabungannya dengan disiplin ilmu lain. Dalam prosesnya video mapping, isu dan konsep yang ada dideformasi ulang ke dalam symbol-simbol visual dan mempersentasikannya dengan visualisasi, hal tersebut juga berkaitan dengan media yang menjadi objek video mappingtersebut. Penelitian ini menganalisis proses kreatif dalam penciptaan video mappingdengan subjek penelitan video mappingSwadharma Ning Pertiwidengan fasad patung Garuda Whisnu Kencanayang di desain oleh SeedsMotion. Proses kreatif dalam pembuatan video mappinghingga saat ini belum terjawab, baik secara tahapan berpikirnya dan bagaimana desainer tersebut mengolah dan menciptakan ide-ide yang dapat menghubungkan secara konsep antara sejarah, fasaddanobjek sebagai karya seni publik. Selain itu juga hal-hal apa saja yang mempengaruhi desainer dalam proses berpikir tersebut, juga aplikasinya dengan teknologi hingga menjadi suatu karya baru berupa pertunjukan video mapping.Video mappingSwadharma Ning Pertiwimengangkat cerita tentang pembangunan dari fasad Garuda Wisnu Kencana ke dalam bentuk baru yang lebih menarik,juga penggabungannya dengan unsur budaya tanpa menghilangkan unsur karakteristik fasad atau objek media video mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu studio desainyang berfokus pada pembuatan konten audiovisual,dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kajianproses kreatifdilakukan dengan metode pengolahan data dari tahapan proses kreatif dengan pendekatan alur berfikir dalam teori berfikir lateral. Penelitian ini mengungkap metode proses kreatif yang dilakukan Seed Motion sejalan dengan alur berfikir lateral dari tahap Fokus, logical sequence,lateral displacement, hinggaconnection inputyaitu upaya membentukan relasi antar komponen pemikiran. Ditemukan beberapa keunikan proses berpikir dalam rangkaian tahapan proses kreatif yang saling berhubungan, seperti metode pengolahan kata kunci pada tahap brainstorming, pengolahan ide dengan proses lateral yang dilakukan secara komunal dan proses pembentukan relasi antar komponen alternatif idehinggamenjadi gagasan visual yang utuh.