digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP HYANG IMAN 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Pendekatan seni patung bagi penulis merupakan proses yang penting untuk menuangkan gagasan yang disertai dengan pemahaman terhadap material dan teknik yang digunakan. Gaya Realis menjadi pilihan visual yang diangkat pada karya dalam penulisan ini. Kecenderungan visual ini muncul dengan menghadirkan visualisasi pakaian kedalam mediium tanah liat yang kemudian dibakar dan menjadi Terakota dengan tujuan menghadirkan sesuatu yang tidak teratur (disorder), sesuatu yang teratur (order), dan proses diantara keduanya. Kata kunci bahasa visual ini disimbolkan lewat bentuk pakaian yang berantakan, digantung, dan terlipat rapih. Pendekatan seni sebagai simbol dalam karya ini dipertajam oleh penulis, hal ini berkaitan dengan bentuk visual pada karya yang direncanakan oleh penulis untuk memperkuat aspek simbolik, dan menjadi bagian penting dalam menyuguhkan narasi. Jika dilihat secara keseluruhan akan terbentuk tiga kata kunci penting yaitu: berantakan, proses belajar, dan teratur. Dengan karya ini penulis mendapat pemahaman tentang kepekaan seorang perupa dalam mengamati benda kemudian menampilkannya ke dalam medium tanah liat dan Terakota. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori seni sebagai simbol. Penulisan ini juga menjelaskan penempatan posisi karya penulis pada time line historik sejarah seni rupa dengan pertimbangan referensi seniman dan karya yang menjadi acuan dalam proses penciptaan seni yang dilakukan penulis.