digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

COVER Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

BAB 1 Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

BAB 2 Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

BAB 3 Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

BAB 4 Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

BAB 5 Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

PUSTAKA Yunita Riztyana
PUBLIC Ratnasari

Eksperimen dalam fisika memiliki peranan penting, karena pada eksperimen tergambar berbagai keterampilan proses sains yang menjadi ciri khas pembelajaran fisika di sekolah khusunya pada tingkat SMA. Namun eksperimen seringkali sulit dilaksanakan karena berbagai sebab salah satunya adalah ketersediaan alat ekperimen. Oleh karena itu diperlukan solusi alternatif yang dapat memudahkan pelaksanaan eksperimen fisika di SMA. Salah satunya adalah dengan penggunaan smartphone dengan memanfaatkan aplikasi Phyphox. Phyphox memanfaatkan berbagai sensor yang terdapat dalam smartphone sehingga dapat digunakan dalam berbagai eksperimen diantaranya eksperimen gerak jatuh bebas dan bandul matematis, yang dapat diterapkan dalam menentukan percepatan gravitasi. Namun demikian data yang dihasilkan melalui aplikasi ini perlu dianalisis sehingga dapat terlihat tingkat keakuratannya. Penelitian Proyek Akhir ini bertujuan untuk membandingkan hasil penggunaan aplikasi Phyphox pada eksperimen gerak jatuh bebas dan bandul matematis untuk mengukur percepatan gravitasi bumi dalam proses pembelajaran fisika di SMA. Berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan, nilai percepatan gravitasi yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi Phyphox pada eksperimen gerak jatuh bebas g = (9,7172 ± 0,02) m/s2 dengan R2 = 0,9999 sedangkan pada eksperimen bandul matematis g = 9,757 m/s2 dengan R2 = 0,994 . Nilai percepatan gravitasi bumi dari kedua eksperimen tersebut mendekati nilai percepatan gravitasi lokal yang telah dihitung sebelumnya yaitu 9,8 m/s2 dengan persentase kesalahan 0,5 %. Berdasarkan hasil ini, aplikasi Phyphox dapat digunakan dalam eksperimen fisika. Pada Proyek Akhir ini juga dikembangkan modul eksperimen gerak jatuh bebas dan eksperimen bandul matematis yang mengacu pada kompetensi dasar kurikulum fisika SMA kelas X. Modul eksperimen disesuaikan dengan tingkatan psikomotorik siswa dalam pembelajaran di sekolah dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.