digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Brand awareness merupakan salah satu aspek penting dalam konteks memperkenalkan sebuah brand atau produk baru. Brand awareness merupakan aspek penting dalam sebuah kampanye marketing. Brand awareness tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli sebuah produk untuk pertama kalinya, tetapi juga menciptakan keberlanjutan dan kesetiaan konsumen untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan sebuah brand/perusahaan. Sesuai dengan perkembangan era digital dan ketergantungan masyarakat terhadap internet, banyak brand terutama brand dalam industri fashion berkompetisi dalam membangun brand persona dan awareness mereka melalui digital marketing. Dewasa ini, Instagram dipercaya sebagai sebuah platform sosial media yang paling kuat untuk bisnis. Instagram menciptakan sebuah kompetisi yang ketat pada bisnis terutama di dalam industri fashion. Kompetisi yang ketat ini mendorong semua brand untuk menciptakan kampanye promosi yang inovatif melalui kampanye sosial media berbayar. GGOOD sebuah perusahaan yang bergerak di industri Urban Traveling Bag dan telah berdiri sejak 2011, masih belum bisa mengembangkan brand awareness dan engagement nya. Brand awareness dan engagement daripada brand GGOOD masih kalah jauh dengan para kompetitornya. Dalam rangka untuk mendapatkan solusi yang baik, penelitian ini melakukan analisa internal dan eksternal daripada perusahaan untuk mengidentifikasi kondisi internal perusahaan, kompetitor dan konsumen. Dengan mengidentifikasi faktor faktor tersebut, maka dapat diputuskan akar permasalahan yang dihadapi GGOOD adalah kurangnya aktivitas promosi melalui social media, GGOOD masih kurang aktif dan juga kurang mengembangkan kegiatan promosi melalui sosial media nya sehingga memberikan perbedaan perbedaan jauh antara GGOOD dan competitor terhadap awareness. Padahal, dari segi kualitas, harga dan value proposition yang diberikan GGOOD, GGOOD masih dapat berkompetisi dan setara dengan Visval dan Choral. Solusi yang didapatkan dari akar permasalahan yakni dimana GGOOD perlu untuk memaksimalkan kegiatan promosinya di Instagram terutama dalam mengoptimalisasikan instagram strategi nya melalui kampanye sosial media berbayar. Dengan solusi yang di diajukan pada penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan brand awareness dan engagement daripada GGOOD di masa depan, sehingga GGOOD tidak kalah berkompetisi dengan kompetitornya. Di dalam penelitian ini juga diajukan implementation plan dan budgeting plan untuk 3 bulan kedepan.