2021_TS_PP_Tutut Dwi Adi Cahyani_1-Abstrak.pdf
]
PUBLIC Yose Ali Rahman Tutut Dwi Adi Cahyani_29119056_Full Thesis.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Shafira merupakan salah satu brand fashion muslim di Indonesia dengan generasi X sebagai
konsumen utamanya. Sejak pandemi COVID-19, pendapatan utamanya dari toko offline telah
menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, Shafira mengalihkan fokus ke penjualan online
dan memberikan potongan harga setengah dari harga aslinya. Meski penjualan meningkat,
Shafira mengalami penurunan laba akibat harga diskon. Situasi ini mendorong Shafira untuk
mengoptimalkan saluran digitalnya dan mengalihkan target pasarnya kepada generasi milenial
yang lebih paham teknologi dibandingkan generasi X dan lebih banyak menggunakan internet
dalam kehidupan sehari-hari. Namun interaksi Shafira dengan kaum milenial di saluran digital
masih rendah yang menyebabkan minat beli rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
pertama, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli milenial
menggunakan saluran digital Shafira; dan kedua, mengembangkan strategi pemasaran digital
sebagai upaya meningkatkan minat beli milenial brand Shafira. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan akar permasalahan.
Pertama, penelitian ini melakukan Industry Analysis dan Macro Environment Analysis untuk
menilai lingkungan eksternal merek Shafira menggunakan pendekatan PEST dan Porter's Five
Forces. Kedua, penelitian ini melakukan Brand Audit untuk menilai kinerja merek Shafira dari
perspektif internal perusahaan dan konsumen. Brand Audit terdiri dari Brand Inventory dan
pendekatan Brand Exploratory. Brand Inventory dilakukan untuk memeriksa portofolio merek
Shafira, elemen merek, program pemasaran, pemosisian merek, dan sifat persaingan. Brand
Exploratory dilakukan untuk menganalisis sejauh mana identitas merek, citra merek, integritas
merek, dan interaksi merek Shafira berkaitan dengan niat milenial untuk membeli Shafira di
saluran digital. Hasilnya, penelitian ini mengidentifikasi empat akar penyebab masalah yang
berhubungan dengan merk, strategi pemasaran promosi, saluran, dan harga. Kemudian,
penelitian ini mengembangkan strategi pemasaran digital sebagai tindakan korektif untuk
mengatasi akar permasalahan dan upaya meningkatkan minat beli merek Shafira kepada
generasi milenial.