Pandemik COVID-19 berdampak pada berbagai elemen masyarakat. Terlebih, hal tersebut juga
mempengaruhi usaha bisnis kecil menengah karena dampak panjang dari pandemik. Sementara
itu, di pusat pasar Cianjur, pelaku bisnis masyarakat mengalami penurunan pengunjung pasar dan
cemas karena maraknya pertumbuhan COVID-19. Kondisi tersebut juga berdampak pada tidak
terpenuhinya target penjualan berkala industri barang konsumen yang bergerak cepat, khususnya
Coca-Cola. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pasar piramida bawah sebagai pasar
potensial untuk di penetrasi oleh perusahaan. Riset ini juga memeriksa kemampuan perusahaan
saat ini dalam mengatur pasar piramida bawah terlepas dari kompleksitasnya. piramida bawah
mengacu pada kelompok sosial ekonomi termiskin di dunia. Sekitar lebih dari 50 juta orang
dewasa di Indonesia atau sepertiga penduduk dewasa dan sebagian besar wilayah pedesaan Cianjur
dikaitkan dengan populasi piramida bawah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan
rekomendasi yang tepat untuk lebih mengembangkan upaya perusahaan dalam pendekatan
strategis untuk pasar piramida bawah.
Selanjutnya penelitian ini mengacu pada teori pendekatan strategis untuk piramida bawah. Empat
studi sebelumnya telah dianalisis dan dipertimbangkan untuk memecahkan masalah perusahaan
saat ini. Dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, lima belas responden di
wawancarai untuk menelaah wawasan dari perspektif perusahaan, mitra bisnis, dan konsumen.
Untuk memperkuat validitas dan reliabilitas temuan, proses triangulasi digunakan untuk
konvergensi di antara berbagai sumber informasi untuk membentuk tema atau kategori. Hasil
penelitian menunjukkan sebagian besar mitra bisnis piramida bawah tidak berpendidikan tinggi;
oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan keterlibatan berkelanjutan pada penanganan produk
dan keterampilan bisnis yang relevan. Akhirnya, temuan menunjukkan bahwa salah satu realitas
yang paling menantang di pasar piramida bawah adalah kesenjangan antara mitra bisnis di
lingkungan piramida bawah dan mitra bisnis di pusat perekonomian.