digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemik COVID-19 berdampak pada berbagai elemen masyarakat. Terlebih, hal tersebut juga mempengaruhi usaha bisnis kecil menengah karena dampak panjang dari pandemik. Sementara itu, di pusat pasar Cianjur, pelaku bisnis masyarakat mengalami penurunan pengunjung pasar dan cemas karena maraknya pertumbuhan COVID-19. Kondisi tersebut juga berdampak pada tidak terpenuhinya target penjualan berkala industri barang konsumen yang bergerak cepat, khususnya Coca-Cola. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pasar piramida bawah sebagai pasar potensial untuk di penetrasi oleh perusahaan. Riset ini juga memeriksa kemampuan perusahaan saat ini dalam mengatur pasar piramida bawah terlepas dari kompleksitasnya. piramida bawah mengacu pada kelompok sosial ekonomi termiskin di dunia. Sekitar lebih dari 50 juta orang dewasa di Indonesia atau sepertiga penduduk dewasa dan sebagian besar wilayah pedesaan Cianjur dikaitkan dengan populasi piramida bawah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi yang tepat untuk lebih mengembangkan upaya perusahaan dalam pendekatan strategis untuk pasar piramida bawah. Selanjutnya penelitian ini mengacu pada teori pendekatan strategis untuk piramida bawah. Empat studi sebelumnya telah dianalisis dan dipertimbangkan untuk memecahkan masalah perusahaan saat ini. Dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, lima belas responden di wawancarai untuk menelaah wawasan dari perspektif perusahaan, mitra bisnis, dan konsumen. Untuk memperkuat validitas dan reliabilitas temuan, proses triangulasi digunakan untuk konvergensi di antara berbagai sumber informasi untuk membentuk tema atau kategori. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mitra bisnis piramida bawah tidak berpendidikan tinggi; oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan keterlibatan berkelanjutan pada penanganan produk dan keterampilan bisnis yang relevan. Akhirnya, temuan menunjukkan bahwa salah satu realitas yang paling menantang di pasar piramida bawah adalah kesenjangan antara mitra bisnis di lingkungan piramida bawah dan mitra bisnis di pusat perekonomian.