digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP MASFIATUS AISYA 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Sejak1990-an,AgusSuwagetelahmenggarapratusankaryadwimatra(lukisan,gambardancetakgrafis)yangmenerapkanstrategiapropriasi.Karya-karyaitupulayangmembuatreputasinyadikenalluasdalammedansenirupakontemporerIndonesiamaupunluarnegerihinggakini.Penelitianinimenggunakandokumentasikarya-karyaAgusSuwagesepanjang1980-anhingga2000-anuntukmelihatbagaimanastrategiapropriasinyaditerapkanuntukmenyajikanmaknakulturaltertentu.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodeinterpretasivisualolehGillianRosesebagaipedomanuntukmelakukankodifikasi,kemudianmembuattipologikarya-karyaapropriasiAgusSuwageberdasarkanikon-ikonvisualyangpalingdominan.SementarateoriTujuhTipeApropriasidalamSeniRupaKontemporerolehDavidEvansmembantuuntukmengidentifikasiperbedaanstrategiapropriasidalamkarya-karyatersebut.Penelitianinimemilihdanmembatasipada10karyasebagaisampeluntukmelihatmaknakulturalnyadenganlebihdetail.Karya-karyadwimatraAgusSuwagebanyakmemanfaatkanikon-ikonvisualyangberagamuntukstrategiapropriasidalammengandungintensidansaratdenganmakna-maknakulturalyangaktual.Penelitianinimenemukanlimakategorikodifikasiberdasarkanvisualnya:Ikonreligi,potretfigur,potretdiri,visualdalamsejarahsenirupa,dandomainpublik.SementarastrategiapropriasiAgusSuwageyangpalingdominanadalah:(1)pasca-produksi,denganmereproduksivisualdarifotofigur-figurterkenaldandenganmereproduksielemenvisualdarikaryalamanya,khususnyapotretdiri,secaraberulangkali;(2)simulasi,berupaimplementasibanyakikonreligimaupunkebudayaan,jugavisual-visualyangdipinjamdarikarya-karyasenimanterkenaldalamsejarahsenirupa;dan(3)kritiksosialbudayayangterdiridaritipeapropriasikritikfeminis,warisanSituasionis,danpasca-komunisme.Melaluitigastrategitersebut,karyaapropriasiSuwage,merespontidakhanyapadaisu-isusosialbudayamaupunpolitik,namunjugamengekspresikanpandanganpribadinyaterhadapdunia.