digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik. Di Indonesia pun saat ini termasuk negara yang memiliki pertumbuhan E-commerce tercepat didunia, dengan pertumbuhan 78% pada tahun 2018 dan jumlah pengguna internet yang lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan E-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan jumlah informasi mempengaruhi penerimaan pengguna untuk berbelanja di isikulkasku. Juga bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai plate form, produk, dan metode pembayaran yang dipilih konsumen dalam berbelanja di isikulkasku. Penelitian ini menggunakan 200 sample dengan kriteria telah melakukan transaksi online, dan metoden convenience sampling diterapkan. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 19 pertanyaan. Media online digunakan untuk mendistribusikan kuesioner. Technologi Acceptance Model (TAM) metode untuk mengukur penerimaan pengguna. Untuk analisis data penelitian ini dilengkapi Structural Equatation Modeling (SEM) untuk menafsirkan analisis jalur dari model penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa semua variabel mempengaruhi penerimaan pengguna, dan persepsi konsumen lebih tertarik melakukan berbelaja melalui plateform IG sebanyak 71 %, dengan metode pembayaran yang dipilih secara transfer sebanyak89% dan 50,60% penjualan terjadi pada produk berupa daging.