digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Online learning hadir di Indonesia sebagai salah satu alternatif solusi penunjang proses belajar mengajar di sekolah. Online learning yang sudah ada memiliki beberapa kekurangan yaitu kurangnya interaksi dua arah antara murid dengan pengajar atau murid satu dengan murid yang lain serta strtukur bab yang diberikan cenderung monoton dan tidak membantu siswa dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukanlah beberapa survei pengguna untuk memvalidasi permasalahan serta solusi dalam bentuk desain interaksi. Dari hasil analisis survei tersebut didapatkan bahwa rancangan interaksi yang tepat untuk online learning adalah desain interaksi yang menitikberatkan pada usability dan user experience helpful, fun dan efficient to use yang disertai dengan konsep gamifikasi yang akan menambahkan sense of fun ketika proses belajar mengajar. Pendekatan gamifikasi dipilih sebagai salah satu bagian dalam perancangan desain interaksi dikarenakan elemen-elemen game serta struktur aktivitasnya menurut penelitian dianggap dapat mendorong motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Implementasi desain interaksi ini dilakukan dengan metode prototyping dan evaluasi menggunakan metode usability testing. Hasil tugas akhir ini berupa high fidelity prototype yang dibuat dengan framework ReactJS yang dari pengujian didapatkan bahwa prototipe telah mencapai usability & user experience goals yaitu fun, helpful dan efficient to use. Selain itu didapatkan pula nilai SUS yang mencapi nilai 90 skala 100 dimana nilai ini jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai SUS pada online learning yang sudah ada.