Online learning hadir di Indonesia sebagai salah satu alternatif solusi penunjang proses belajar
mengajar di sekolah. Online learning yang sudah ada memiliki beberapa kekurangan yaitu
kurangnya interaksi dua arah antara murid dengan pengajar atau murid satu dengan murid yang
lain serta strtukur bab yang diberikan cenderung monoton dan tidak membantu siswa dalam
belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukanlah beberapa survei pengguna untuk
memvalidasi permasalahan serta solusi dalam bentuk desain interaksi. Dari hasil analisis survei
tersebut didapatkan bahwa rancangan interaksi yang tepat untuk online learning adalah desain
interaksi yang menitikberatkan pada usability dan user experience helpful, fun dan efficient to
use yang disertai dengan konsep gamifikasi yang akan menambahkan sense of fun ketika proses
belajar mengajar. Pendekatan gamifikasi dipilih sebagai salah satu bagian dalam perancangan
desain interaksi dikarenakan elemen-elemen game serta struktur aktivitasnya menurut
penelitian dianggap dapat mendorong motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu.
Implementasi desain interaksi ini dilakukan dengan metode prototyping dan evaluasi
menggunakan metode usability testing. Hasil tugas akhir ini berupa high fidelity prototype yang
dibuat dengan framework ReactJS yang dari pengujian didapatkan bahwa prototipe telah
mencapai usability & user experience goals yaitu fun, helpful dan efficient to use. Selain itu
didapatkan pula nilai SUS yang mencapi nilai 90 skala 100 dimana nilai ini jauh lebih besar
dibandingkan dengan nilai SUS pada online learning yang sudah ada.