digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP CLARISSA ATIKAH BELINDA 1.pdf ]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Himbauan untuk beraktivitas dari rumah sebagai dampak dari pandemi COVID-19 membuat seluruh instansi pendidikan di Indonesia menerapkan metode pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran jarak jauh ini menyulitkan pembelajaran yang memiliki muatan praktikum dikarenakan tidak adanya pelaksanaan sesi tatap muka. Teknologi extended reality yang memungkinkan untuk mengadakan simulasi dunia nyata dalam bentuk virtual memiliki peluang dalam membantu permasalahan pembelajaran jarak jauh ini, terlebih juga untuk mempersiapkan siswa terhadap industri 4.0 dan society 5.0. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literatur, triangulasi data (wawancara dengan pelajar dan pengajar mengenai perkuliahan dengan metode hands on) dan melakukan analisis data sehingga didapatkan poin-poin yang akan diterapkan pada produk. Keputusan desain akhir berupa produk scanning rig yang penggunaannya dibarengi dengan penggunaan structured light 3D scanner untuk memindai objek nyata menjadi model 3d dan dilanjutkan dengan penggunaan software VR “Gravity Sketch” untuk aktivitas design review.