digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP RADITYO LUTHFI FADHIL 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

i ABSTRAK HYPER-SHOES Oleh Radityo Luthfi Fadhil NIM: 27018009 (Program Studi Magister Seni Rupa) Konsumsi merupakan kegiatan menghabiskan barang. Adanya kegiatan menghabiskan barang dikarenakan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang relatif karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Seringkali aktivitas konsumsi menjadi berlebihan dilakukan oleh manusia dan pada akhirnya manusia terjebak dalam budaya konsumerisme. Lebih dalam lagi tentang bagaimana masyarakat konsumer berperilaku konsumtif yang dipicu oleh hadirnya tren sepatu atau sneakers hari ini, sneakers menjadi sebuah komoditas yang sangat masif digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam budaya fashion khususnya sneakers ada pula istilah kolaborasi merek yang menjadi salah satu metode dan strategi marketing yang efektif dan menurut penulis kolaborasi tersebut merupakan cerminan masyarakat konsumer. Ketika sebelum tren kolaborasi merek ini hype produk sepatu hanya satu merek, untuk kondisi saat ini masyarakat butuh lebih dari satu merek dalam sebuah produk sepatu. Kolaborasi merek tersebut penulis jadikan pendekatan karya ini dalam mengkritik pola konsumsi masyarakat berlebihan dalam fetishisasi merek yang juga didukung oleh kapitalisme itu sendiri. Pada penciptaan ini penulis membuat lima varian karya seni patung dalam ranah seni rupa kontemporer, khususnya medium object dengan bentuk dasar sepatu yang dicapumpurkan dengan beberapa objek komoditas lainnya, metode tersebut menggunakan bricolage. Lalu karya ini menggunakan gaya estetik postmodern yaitu camp, kitsch dan parody, serta teori penunjang yaitu semiotika objek dan consumer society.