Sudut Pandang dan Penjedaan merupakan sebuah usaha penulis untuk mengajak audiens masuk
ke dalam dunia yang penulis hadapi ketika memelankan tempo hidup penulis di perkotaan. Yang
seringkali tidak nampak ketika penulis hidup dengan tempo hidup perkotaan yang sangat cepat.
Ketidaknampakan ini penulis yakini sebagai hasil dari tempo kehidupan di perkotaan yang sangat
cepat, sehingga manusia seringkali melewatkan hal-hal tersebut dan seringkali hanya melihat
sebuah objek baik fisikal maupun non-fisikal hanya dari satu sudut pandang saja.
Penulis juga melihat serta merasakan bahwa adanya kebutuhan tentang sudut pandang baru dalam
menyajikan seni grafis, bahwa seni grafis terlepas dari segala konvensinya memiliki potensi akan
kebaruan-kebaruan yang bisa bersaing di kancah seni rupa hari ini. Objek visual yang hadir dalam
karya tugas akhir penulis merupakan potongan gambar pepohonan yang dipotong dan diolah
sedemikian rupa tanpa menghilangkan unsur pembentuk pohon tersebut. Pohon sebagai objek
visual dalam karya ini hadir dari hubungan personal penulis dengan objek tersebut, di mana penulis
memiliki kecenderungan untuk melambatkan tempo hidup penulis ketika berhadapan dengan
objek tersebut juga sebagai metafor untuk hidup tanpa ketergesaan.
Sajian dari karya tugas akhir penulis adalah 3 karya yang terdiri lebih dari 100 modul yang
disajikan secara meruang dan non-konvensional (tanpa pigura dan passerpartout). Melalui karya
ini penulis berusaha untuk mengajak audiens untuk melihat dan memaknai ulang visual yang
diterima serta mencari berbagai kemungkinan menikmati karya ini.