Cover
PUBLIC karya Abstrak dan Abstract
PUBLIC karya
Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Tesis
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Penelitian ini membahas pengendalian kecepatan Switched Reluctance (SRM) sebagai penggerak
utama kendaraan listrik. SRM yang digunakan memiliki saturasi input dengan range yang sempit. SRM
hanya berputar pada nilai PWM 72-84 atau setara input tegangan ke driver SRM sebesar 1,446 volt –
1,753 volt. Pada nilai PWM 0-71 dan PWM 85-255, SRM tidak berputar (deadzone). Tujuan dari
penelitian ini adalah merancang pengendali PI, PI antiwindup dan PI adaptif antiwindup pada daerah
linier yang dapat mengendalikan kecepatan motor pada range input kendali yang sempit tersebut.
Perancangan kendali dilakukan dengan memodelkan SRM pada SysId Matlab dengan melihat respon
sistem pada saat diberikan input PWM tertentu yang nilainya berada pada titik operasi SRM. Dari hasil
SysId Matlab tersebut diperoleh fungsi transfer sistem dalam orde 1. Fungsi transfer sistem tersebut
digunakan untuk menenetukan nilai Kp dan Ki secara analitik pada kondisi ideal tanpa saturasi. Setelah
diperoleh nilai Kp dan Ki maka dilakukan simulasi sistem kendali PI, PI antiwindup dan PI adaptif
antiwindup. Pada tahap implementasi, hanya digunakan sinyal kendali positif yang membuat motor
berputar tanpa adanya efek pengereman. Dari simulasi dan implementasi yang dilakukan diperoleh data
bahwa sistem kendali yang dirancang mampu mengendalikan kecepatan SRM dalam mencapai steady
state, nilai overshoot dan error steady state yang menuju 0%.