Artikel Terbaru

SISTEM KENDALI KECEPATAN SWITCHED RELUCTANCE MOTOR

Oleh   Diky Zakaria [23217314]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Hilwadi Hindersah, M.Sc.
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : STEI - Teknik Elektro
Fakultas : Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
Subjek :
Kata Kunci : PI, PI antiwindup, PI adaptif antiwindup, SRM
Sumber :
Staf Input/Edit : karya  
File : 4 file
Tanggal Input : 2021-03-12 11:26:07

Generic placeholder image

Cover

PUBLIC

Generic placeholder image
Lembar Pengesahan

Terbatas
» ITB

Generic placeholder image
Tesis

Terbatas
» ITB


Penelitian ini membahas pengendalian kecepatan Switched Reluctance (SRM) sebagai penggerak utama kendaraan listrik. SRM yang digunakan memiliki saturasi input dengan range yang sempit. SRM hanya berputar pada nilai PWM 72-84 atau setara input tegangan ke driver SRM sebesar 1,446 volt – 1,753 volt. Pada nilai PWM 0-71 dan PWM 85-255, SRM tidak berputar (deadzone). Tujuan dari penelitian ini adalah merancang pengendali PI, PI antiwindup dan PI adaptif antiwindup pada daerah linier yang dapat mengendalikan kecepatan motor pada range input kendali yang sempit tersebut. Perancangan kendali dilakukan dengan memodelkan SRM pada SysId Matlab dengan melihat respon sistem pada saat diberikan input PWM tertentu yang nilainya berada pada titik operasi SRM. Dari hasil SysId Matlab tersebut diperoleh fungsi transfer sistem dalam orde 1. Fungsi transfer sistem tersebut digunakan untuk menenetukan nilai Kp dan Ki secara analitik pada kondisi ideal tanpa saturasi. Setelah diperoleh nilai Kp dan Ki maka dilakukan simulasi sistem kendali PI, PI antiwindup dan PI adaptif antiwindup. Pada tahap implementasi, hanya digunakan sinyal kendali positif yang membuat motor berputar tanpa adanya efek pengereman. Dari simulasi dan implementasi yang dilakukan diperoleh data bahwa sistem kendali yang dirancang mampu mengendalikan kecepatan SRM dalam mencapai steady state, nilai overshoot dan error steady state yang menuju 0%.