digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Arie Purnama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Wisata spiritual meskipun sebenarnya bukanlah fenomena baru, namun perspektif dalam perspektif sosiologi agama mendapat tempatnya, terutama ketika pariwisata menjadi trend global konsumerisme religius. Studi tersebut juga menemukan bahwa harga merupakan unsur terpenting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Penelitian ini mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi PT. Arie Tour and Travel mengalami penurunan penjualan, dan meninjau pandangan calon pelanggan terkait perilaku konsumen terhadap pemasaran digital. Penulis mengidentifikasi strategi pemasaran yang diharapkan oleh target pasar dan membuat strategi pemasaran digital untuk PT. Arie Tour and Travel. Dalam alur penelitian yang digunakan adalah Digital Marketing, STP, Bauran Pemasaran, Tampilan Berbasis Sumber Daya, Rantai Nilai Porter, dan Analisis VRIO untuk analisis internal. Dan untuk analisis eksternal menggunakan kerangka Analisis PEST, Analisis Pesaing, Rantai Nilai Porter, dan Analisis Konsumen. Pengumpulan data dibagi menjadi dua aspek yaitu data primer dan sekunder, data primer dilakukan dengan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden, dan wawancara dengan beberapa internal perusahaan termasuk manajer. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa detail dari penelitian yang dilakukan oleh penulis telah diidentifikasi. Pertama-tama, media sosial yang paling umum digunakan adalah Instagram. Kedua, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial, dan ketiga, itu juga menunjukkan bahwa nama produk merupakan materi promosi yang menarik, menurut laporan tersebut. Terakhir, studi ini juga menemukan bahwa harga merupakan unsur terpenting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Dari kesimpulan analisis pasar di atas maka penelitian ini akan fokus pada Instagram khususnya sebagai media promosi.