digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Umroh Bareng Yuk (UBY) dari PT. Sultanah Napisah Mandiri adalah penyedia jasa perjalanan wisata yang berfokus pada wisata religi Islam (Umrah dan Haji) dan paket liburan. Didirikan pada tahun 2017, UBY menawarkan biaya murah dan terjangkau untuk layanannya. Di antara layanan umrah yang mahal dari kompetitornya, UBY menawarkan layanan umrah yang terjangkau kepada pelanggan tanpa mengurangi tingkat layanan. Namun, strategi ini tidak menghasilkan penjualan yang baik. UBY perlu mengevaluasi strategi pemasaran dan pengembangan produknya untuk meningkatkan nilai dan pendapatannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran UBY dan juga mendapatkan wawasan baru untuk bersaing dalam industri ini. Data dikumpulkan dengan cara data utama dari pelaku industry dan wawancara pelanggan. Analisis SWOT, Model berbasis sumber daya, Marketing Mix, STP, dan Porter Five Forces digunakan untuk menganalisis kekuatan UBY dan apa yang dapat ditawarkannya ke pasar. Analisis SWOT juga digunakan untuk menghasilkan strategi pemasaran oleh TOWS Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UBY perlu menekankan pada konten promosi di media sosial, meningkatkan interaksi dan respons admin pemasaran dan penjualan terhadap pelanggan, dan meningkatkan bukti fisik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. UBY akan menerapkan rencana perbaikan dalam waktu 6 (enam) bulan dan akan mengevaluasi hasilnya untuk menentukan tindakan lebih lanjut.