Umroh Bareng Yuk (UBY) dari PT. Sultanah Napisah Mandiri adalah penyedia jasa perjalanan
wisata yang berfokus pada wisata religi Islam (Umrah dan Haji) dan paket liburan. Didirikan pada
tahun 2017, UBY menawarkan biaya murah dan terjangkau untuk layanannya. Di antara layanan
umrah yang mahal dari kompetitornya, UBY menawarkan layanan umrah yang terjangkau kepada
pelanggan tanpa mengurangi tingkat layanan. Namun, strategi ini tidak menghasilkan penjualan
yang baik. UBY perlu mengevaluasi strategi pemasaran dan pengembangan produknya untuk
meningkatkan nilai dan pendapatannya.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran UBY dan juga
mendapatkan wawasan baru untuk bersaing dalam industri ini. Data dikumpulkan dengan cara
data utama dari pelaku industry dan wawancara pelanggan. Analisis SWOT, Model berbasis
sumber daya, Marketing Mix, STP, dan Porter Five Forces digunakan untuk menganalisis
kekuatan UBY dan apa yang dapat ditawarkannya ke pasar. Analisis SWOT juga digunakan untuk
menghasilkan strategi pemasaran oleh TOWS Matrix.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UBY perlu menekankan pada konten promosi di media
sosial, meningkatkan interaksi dan respons admin pemasaran dan penjualan terhadap
pelanggan, dan meningkatkan bukti fisik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
UBY akan menerapkan rencana perbaikan dalam waktu 6 (enam) bulan dan akan mengevaluasi
hasilnya untuk menentukan tindakan lebih lanjut.