digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT IND merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi produk otomotif dan salah satu yang terbesar di Indonesia. Permintaan akan produk otomotif diindonesia semakin meningkat dan ini menjadi peluang untuk industri ini menjanjikan. Peningkatan akan produk otomotif di pasar sudah pasti akan memberikan keuntungan kepada perusahaan, namun peningkatan akan produk otomotif sudah seharusnya juga perusahaan melakukan tindakan-tindakan perbaikan yang sifat nya kontinu, khususnya dalam masalah menjaga kualitas dari komponen yang digunakan untuk produk otomotif. Pada kondisi aktual masalah yang dihadapi perusahaan adalah menjaga kualiatas dari Komponen yang akan digunakan dalam produk otomotif khususnya Wheel Disk. PT. XY merupakan pemasok utama untuk komponen Wheel disk, komponen wheel disk memiliki tingkat presentase cacat Produk yang cukup tinggi. Cacat yang ditemukan adalah cacat visual. Jika Kondisi ini dibiarkan sangat mempengaruhi jalur produksi ketika proses Wheeldisk di pasang dengan Ban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari solusi serta memberikan perbaikan yang efektif dalam menyelesaikan masalah ini. Metode yang digunakan adalah menggunakan kerangka dari Lean Six Sigma dimana pendekatannya menggunakan DMAIC (Menentukan, Ukur, Analisis, Perbaikan, Kontrol). Berdasarkan masalah yang di hadapi perusahaan pada tahap Define (Tentukan) penulis menggunakan identifikasi awal dengan Voice Of Customer untuk melihat harapan dan keinginan dari Sisi pemasok, Serta dari sisi PT. IND lalu mengidentifikasi keseluruhan proses bisnis dari awal sampai akhir menggunakan SIPOC DIAGRAM. Dalam tahap Measure (Ukur) identifikasi keseluruhan proses yang ada di Pemasok (PT. XY) serta PT.IND untuk melihat kemungkinan terjadinya masalah. Lalu tahap Selanjutnya Analyze (Analisis) setelah menenukan potensi masalah lakukan analisis untuk mencari akar masalah dengan menggunakan metode Whys analysis. Lalu selanjutnya tahap Improve (Perbaikan) Checksheet cleaning maintenance¸Checksheet masking gauge, Revisi SOP, serta Pelatihan periodikal terhadap operator di PT. XY dan di PT. IND Membuat Visual Limit dan Check sheet kedatangan. Untuk tahap Kontrol dibuatkan Checksheet monitoring dimana ini digunakan pada saat audit ke Pemasok sebagai pendoman dan Checksheet Incoming memudahkan ketika kedatangan di PT. IND hal apa saja yang perlu di check dan mekanisme recordnya.