digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian tentang CSR dan komunikasi CSR telah menjadi topik yang menarik bagi banyak peneliti. Namun, di era digital saat ini, media sosial telah hadir sebagai sarana komunikasi penting yang dapat dimanfaatkan MNE untuk mengelola reputasinya secara efektif, yang mana masih relatif belum diketahui bagaimana cara memaksimalkan teknologi ini. Dengan mengintegrasikan pendekatan Big Seed, komunikasi CSR, Media Sosial, dan strategi CSR, skripsi ini mengembangkan mekanisme dasar di mana komunikasi CSR di media sosial akan berkembang dan menjelaskan bagaimana hal tersebut mempengaruhi reputasi MNE. Skripsi ini juga memasukkan peran standardisasi CSR ke dalam hubungan tersebut. Skripsi ini memberikan tiga mekanisme yang mempengaruhi hubungan antara komunikasi CSR MNE di media sosial dan reputasi, yaitu (1) Konsistensi, (2) Keterlibatan, dan (3) Nada Informasi. Selanjutnya, skripsi ini menunjukkan bagaimana mekanisme tersebut dipengaruhi oleh standarisasi CSR. Teori yang disajikan dalam skripsi ini berimplikasi pada penelitian tentang komunikasi CSR di media sosial dan pemahaman tentang peran media sosial bagi MNEs.