Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menggunakan teknologi internet, dengan
jumlah pengguna internet sebesar 175 juta orang. Sebagian besar pengguna internet di Indonesai adalah
generasi muda. Salah satu pengaplikasian penggunaan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat
Indonesia adalah e-commerce, di mana mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja
berbagai keperluan mereka secara online. Saat ini mulai marak pula penggunaan platform e-commerce
dan sejenisnya untuk penjualan mobil kepada para konsumen, di mana industri mobil di Indonesia
adalah salah satu industri yang selalu berkembang setiap tahunnya. Beberapa perusahaan maupun dealer
mobil di Indonesia sudah mulai mengadopsi penjualan secara digital tersebut, baik menggunakan
platform buatan mereka sendiri maupun bekerja sama dengan pihak e-commerce yang sudah ada.
Ditambah dengan munculnya pandemic COVID-19 yang terjadi pada awal 2020, penjualan secara
online di berbagai sektor, termasuk industri mobil, menjadi pilihan yang semakin populer bagi para
konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi
konsumen ketika akan melakukan pembelian mobil menggunakan platform digital, dengan melakukan
studi kasus terhadap Honda Pasteur yang masih mengadopsi cara konvensional untuk penjualan mobilmobilnya.
Untuk
penelitian
ini,
penulis
melakukan analisis dengan metode kualitatif terhadap industri
mobil di Indonesia dan konsumennya. Peneliti mengumpulkan data-data terkait penelitian dengan
melakukan observasi terhadap industry mobil dan e-commerce di Indonesia. Lalu, peneliti melakukan
wawancara terhadap pihak Blibli.com yang mewakili industri e-commerce dan Honda Pasteur yang
mewakili pihak perusahaan dan dealer mobil di Indonesia. Peneliti juga melakukan analisis kuantitatif
dengan menggunakan survei terhadap konsumen untuk menegtahui pendapat mereka mengenai
penggunaan e-commerce untuk pembelian mobil serta motivasinya dalam penggunaan e-commerce
tersebut.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, terdapat berbagai penemuan terkait
dengan motivasi perusahaan maupun konsumen dalam penggunaan teknologi digital untuk jual beli
mobil. Beberapa perusahaan sudah mulai berencana untuk mengadopsi penggunaan teknologi digital
dalam sistem penjualannya, termasuk Honda Pasteur. Alasan dan motivasi dari penggunaan teknologi
digital tersebut adalah untuk mempermudah pihak dealer dalam melakukan penjualan dan promosi agar
lebih praktis. Selain itu mereka juga dapat mempermudah konsumen dalam mencarti informasi produk
yang akan mereka beli nantinya. Dari survei yang telah dilakukan terhadap konsumen, penulis
menemukan beberapa faktor yang mendorong konsumen dalam penggunaan teknologi digital.