digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menggunakan teknologi internet, dengan jumlah pengguna internet sebesar 175 juta orang. Sebagian besar pengguna internet di Indonesai adalah generasi muda. Salah satu pengaplikasian penggunaan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah e-commerce, di mana mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja berbagai keperluan mereka secara online. Saat ini mulai marak pula penggunaan platform e-commerce dan sejenisnya untuk penjualan mobil kepada para konsumen, di mana industri mobil di Indonesia adalah salah satu industri yang selalu berkembang setiap tahunnya. Beberapa perusahaan maupun dealer mobil di Indonesia sudah mulai mengadopsi penjualan secara digital tersebut, baik menggunakan platform buatan mereka sendiri maupun bekerja sama dengan pihak e-commerce yang sudah ada. Ditambah dengan munculnya pandemic COVID-19 yang terjadi pada awal 2020, penjualan secara online di berbagai sektor, termasuk industri mobil, menjadi pilihan yang semakin populer bagi para konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen ketika akan melakukan pembelian mobil menggunakan platform digital, dengan melakukan studi kasus terhadap Honda Pasteur yang masih mengadopsi cara konvensional untuk penjualan mobilmobilnya. Untuk penelitian ini, penulis melakukan analisis dengan metode kualitatif terhadap industri mobil di Indonesia dan konsumennya. Peneliti mengumpulkan data-data terkait penelitian dengan melakukan observasi terhadap industry mobil dan e-commerce di Indonesia. Lalu, peneliti melakukan wawancara terhadap pihak Blibli.com yang mewakili industri e-commerce dan Honda Pasteur yang mewakili pihak perusahaan dan dealer mobil di Indonesia. Peneliti juga melakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan survei terhadap konsumen untuk menegtahui pendapat mereka mengenai penggunaan e-commerce untuk pembelian mobil serta motivasinya dalam penggunaan e-commerce tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, terdapat berbagai penemuan terkait dengan motivasi perusahaan maupun konsumen dalam penggunaan teknologi digital untuk jual beli mobil. Beberapa perusahaan sudah mulai berencana untuk mengadopsi penggunaan teknologi digital dalam sistem penjualannya, termasuk Honda Pasteur. Alasan dan motivasi dari penggunaan teknologi digital tersebut adalah untuk mempermudah pihak dealer dalam melakukan penjualan dan promosi agar lebih praktis. Selain itu mereka juga dapat mempermudah konsumen dalam mencarti informasi produk yang akan mereka beli nantinya. Dari survei yang telah dilakukan terhadap konsumen, penulis menemukan beberapa faktor yang mendorong konsumen dalam penggunaan teknologi digital.