digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

BAB I
PUBLIC 

BAB II
PUBLIC karya

BAB III
PUBLIC karya

BAB IV
PUBLIC karya

BAB V
PUBLIC karya


Perkembangan teknologi informasi mengalami peningkatan pada jumlah penggunanya. Salah satu aspek yang memiliki dampak terhadap perkembangan ini adalah pendidikan. Salah satu teknologi yang sedang berkembang pada dunia pendidikan salah satunya adalah e-learning. Pada e-learning yang digunakan pada lingkungan ITB, Kuliah Online ITB, terdapat beberapa masalah, diantaranya, navigasi yang sulit, pendaftaran kelas yang susah, serta dirasa belum mendukung fitur collaborative learning. Pada tugas akhir ini, dilakukan perancangan desain interaksi aplikasi e-learning yang digunakan oleh mahasiswa berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan serta elemen pembelajaran kolaboratif. Hasil akhir dari tugas akhir ini merupakan rancangan high-fidelity prototype. Perancangan interaksi pada tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan metode user centered design. Hasil rancangan lalu dilakukan tiga kali pengujian dengan setiap pengujian dilakukaan oleh lima orang responden untuk menguji ketercapaian usability goals dan user experience goals. Dengan usability goals (easy to learn dan effective to use) dan user experience goals (helpful dan satisfying) yang dipilih, rancangan yang dibuat berhasil mencapai goals tersebut. Dalam pengujian dilakukan beberapa metode yang digunakan adalah Single Usability System dengan nilai akhir 96,5, Single ease Question dengan nilai rata-rata 6,78, Completion Rate dengan nilai 100% dan beberapa pertanyaan tambahan yang berkaitan dengan goals tersebut.