Meskipun CIMB Niaga telah melayani nasabah istimewa dengan fasilitas terbaik dan
perlakuan terbaik, namun loyalitas nasabah seringkali menjadi kendala karena nasabah
istimewa cenderung mudah berpindah ke bank lain. Menurut Branch Manager CIMB Niaga
Jawa Barat III, masalah ini terkait dengan kinerja relationship manager yang belum
menghasilkan kedekatan dengan nasabah sehingga CIMB Niaga masih belum mampu
meningkatkan pertumbuhan akuisisi nasabah pilihan. Untuk menganalisis permasalahan yang
muncul di CIMB Niaga, penulis menggunakan analisis internal dan eksternal. Untuk
menganalisis lingkungan eksternal, penelitian ini menggunakan PEST, Five Forces, analisis
pesaing dan pendekatan analisis konsumen. Secara khusus, penulis melakukan wawancara
untuk mendapatkan wawasan dari perspektif pelanggan yang disukai pelanggan. Untuk
menganalisis lingkungan internal, penelitian ini menggunakan pendekatan VRIO, STP dan
Bauran Pemasaran. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan
matriks SWOT dan mengidentifikasi akar permasalahan. Hasilnya, penulis mengidentifikasi
bahwa manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah kunci penting untuk menangani
pelanggan yang disukai. Penelitian ini mengusulkan delapan strategi CRM yang disukai
sebagai upaya untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pilihan dan meningkatkan
pertumbuhan pelanggan pilihan