Masa anak usia dini sering disebut sebagai masa keemasan perkembangan otak. Otak manusia
tumbuh lebih cepat dan lebih terbuka untuk belajar pada usia dini (Institute of Medicine and
Council, 2000). Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan yang
diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Tujuan pendidikan anak usia dini adalah
untuk mengasuh dan mempersiapkan anak sebelum memasuki jenjang pendidikan berikutnya.
Indonesia mengklasifikasikan sekolah taman kanak-kanak sebagai pendidikan anak usia dini
formal yang diperuntukkan bagi anak-anak usia empat hingga enam tahun.
Kinderland Preschool Bandung (KPB) merupakan sekolah Taman Kanak-kanak yang
memberikan pendidikan PAUD kepada anak-anak di Bandung. Kinderland sendiri merupakan
franchise sekolah dari Kinderland Educare Services, salah satu anggota Crestar Education
Group Singapore. PT. ZXC adalah perusahaan penyedia pendidikan yang memegang lisensi
franchise untuk sekolah Kinderland di Bandung. Selain KPB, PT. ZXC juga memiliki Sekolah
Bina Persada (SBP), sebuah sekolah yang menyediakan pendidikan dari tingkat SD hingga
SMA dengan menggunakan Cambridge Pathway. Selama tiga tahun terakhir, jumlah murid di
KPB belum mencapai kapasitas penuh.
Tujuan dari penelitian ini adalah membantu KPB mencapai kapasitas jumlah muridnya dengan
merumuskan strategi pemasaran yang bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut. Studi ini
akan mencoba menyelesaikan masalah bisnis KPB dengan menganalisis lingkungan internal
dan eksternal sekolah untuk menemukan akar penyebab masalahnya. Setelah menemukan akar
permasalahannya, penulis akan mengajukan solusi dengan menggunakan matriks TOWS
sebagai panduan. Studi ini juga akan memberikan rencana implementasi dalam periode satu
tahun untuk membantu pengambilan keputusan manajemen sekolah.