digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP LIGAR MUTHMAINNAH 1.pdf ]
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Anak-anak pada fase stadium belajar mulai memiliki minat dan hobi. Dengan daya keingintahuan yang tinggi, anak-anak mulai mencari tahu minatnya melaui internet dan berujung ke media sosial. Dalam media sosial memiliki konten-konten yang diminati oleh anak-anak, sehingga dapat menjadi wadah untuk anak mengekpresikan minatnya. Namun, Dalam media sosial terdapat berbagai macam konten dewasa, dan belum terdapat filter konten khusus anak-anak, akibatnya konten media sosial dapat memberi dampak buruk pada pengembangan faktor fisik, sosial, kogntif, dan emosi. Dengan mengimplementasikan minatnya dan teknologi terkini ke dalam sebuah rancangan platform media sosial, fokus penelitian ini menyediakan media sosial pada smartphone yang bermanfaat untuk anak-anak mengekspresikan minat. Metode yang digunakan untuk membuat rancangan aplikasi ini adalah design thinking dengan menghasilkan sebuah inovasi, prosesnya terdiri dari tahapan empathize, define ideate, prototype, dan test. Sehingga hasil dari perancangan ini memberikan rekomendasi berupa model UI/UX pada aplikasi mobile yang bernama “Kids Club”. Dengan metode belajar learning by experience, konten-konten yang terdapat dalam rancangan ini merupakan konten tentang minat anak sehingga pengalaman menggunakan aplikasi ini dapat menjadi media belajar dengan memberikan informasi yang mudah dipahami dan diingat. Rancangan ini diharapkan dapat mengembangkan faktor-faktor penting dalam tumbuh kembang anak seperti mengembangkan sisi kreatifitas, mengasah minat, dan dapat bersosialisai dalam dunia maya.