digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP SITI KHODIJAH LESTARI 1.pdf5?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Video comeback trailer ‘Epiphany’ merupakan pembuka dalam album Love Yourself: Answer sebagai seri terakhir Love Yourself.Video ini merepresentasikan pesan mencintai diri sendiri dari kampanye Love Myself yang dipromosikan oleh BTS bersama UNICEF Korea pada tahun 2018. Kampanye Love Myself sendiri mendorong untuk menemukan cinta dari dalam diri dan menyebarkan kepada orang lain. Agar semua orang mengambil bagian dalam mengakhiri kekerasan dengan berbagi cinta dan kebaikan. Tingginya tingkat bunuh diri di Korea Selatan menjadi salah satu alasan adanya kampanye ini. Maka hal ini menjadi alasan penting untuk melakukan penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi non-participant, studi pustaka dan dokumentasi. Lalu, proses analisa menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis teks menggunakan semiotika Roland Barthes. Subjek dalam penelitian ini fokus kepada Jin sebagai member BTS dengan dilihat melalui segi denotasi, konotasi dan mitos. Analisis penelitian ini dibagi dalam 3 babak dengan 4 scene dan 17 shot berdasarkan pola adegan pada video musik ‘Epiphany’. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pesan kampanye Love Myself dalam video musik ‘Epiphany’ merupakan gambaran yang terjadi pada masyarakat Korea Selatan. Ketika usaha seseorang untuk tampil baik semata demi orang lain akan membuat diri sendiri sengsara. Sebelum seseorang mengusahakan sesuatu untuk orang lain lebih baik mendahulukan diri sendiri dengan mencintai diri sendiri.