Video comeback trailer ‘Epiphany’ merupakan pembuka dalam album Love Yourself: Answer
sebagai seri terakhir Love Yourself.Video ini merepresentasikan pesan mencintai diri sendiri
dari kampanye Love Myself yang dipromosikan oleh BTS bersama UNICEF Korea pada tahun
2018. Kampanye Love Myself sendiri mendorong untuk menemukan cinta dari dalam diri dan
menyebarkan kepada orang lain. Agar semua orang mengambil bagian dalam mengakhiri
kekerasan dengan berbagi cinta dan kebaikan. Tingginya tingkat bunuh diri di Korea Selatan
menjadi salah satu alasan adanya kampanye ini. Maka hal ini menjadi alasan penting untuk
melakukan penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
observasi non-participant, studi pustaka dan dokumentasi. Lalu, proses analisa menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan analisis teks menggunakan semiotika Roland Barthes. Subjek
dalam penelitian ini fokus kepada Jin sebagai member BTS dengan dilihat melalui segi
denotasi, konotasi dan mitos. Analisis penelitian ini dibagi dalam 3 babak dengan 4 scene dan
17 shot berdasarkan pola adegan pada video musik ‘Epiphany’. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa pesan kampanye Love Myself dalam video musik ‘Epiphany’ merupakan
gambaran yang terjadi pada masyarakat Korea Selatan. Ketika usaha seseorang untuk tampil
baik semata demi orang lain akan membuat diri sendiri sengsara. Sebelum seseorang
mengusahakan sesuatu untuk orang lain lebih baik mendahulukan diri sendiri dengan mencintai
diri sendiri.