ABSTRAK Andreas Tio
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Andreas Tio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Ponton pada desain konseptual saringan sampah Sungai Ciliwung merupakan struktur mengapung yang berfungsi untuk mengarahkan aliran sampah yang terdapat pada permukaan sungai. Struktur ini mengalami gaya-gaya hidrodinamika akibat aliran air. Gaya hidrodinamika perlu diketahui untuk menentukan material dan konstruksi penahan ponton.
Penelitian ini mencakup simulasi aliran dua fasa untuk menghitung gaya-gaya hidrodinamika yang terjadi pada ponton. Kecepatan aliran air divariasikan untuk melihat pengaruhnya terhadap gaya tersebut. Simulasi aliran air menggunakan model turbulen Large Eddy Simulation (LES) dan model multiphase Volume of Fluid (VOF). Model simulasi divalidasi dengan cara melakukan simulasi terhadap pengujian yang terdapat pada literatur referensi dan membandingkan hasil simulasi terhadap hasil pengujian tersebut.
Besar gaya angkat dan gaya hambat yang bekerja pada ponton diperoleh dengan melakukan simulasi aliran air melewati masing-masing ponton secara terpisah. Analisis gaya angkat dilakukan dengan membandingkan besar gaya angkat terhadap besar gaya buoyancy, sedangkan analisis gaya hambat dilakukan dengan melihat korelasi antara nilai koefisien gaya hambat dan nilai bilangan Reynolds.
Gaya hidrodinamika terbesar terjadi pada ponton 1 dengan gaya angkat sebesar -1000,28 kN dan gaya hambat sebesar 569,78 kN. Gaya terbesar ini diperoleh pada kecepatan masukan sungai sebesar 5 m/s.