Cover
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Tesis
PUBLIC karya
Saat ini penerapan pembelajaran yang dipersonalisasi telah menjadi tuntutan
dalam siklus pembelajaran. Riset dan implementasi personalisasi pada fase
perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran telah banyak dikaji. Namun
penelitian tersebut belum sampai pada tahapan penerapan pada fase penilaian
pembelajaran. Pemberian materi ujian yang seragam kepada setiap individu
merupakan bentuk pembelajaran homogen yang mengabaikan karakteristik
pembelajar. Padahal hasil capaian dari fase penilaian akan memberikan ukuran
terhadap kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Personalisasi pada fase
ini bertujuan memberikan kesempatan terhadap setiap individu mengekspresikan
diri dan memberikan rasa adil kepada semua pembelajar untuk bernalar sesuai
dengan keunggulan dominan yang dimiliki.
Penelitian ini telah melakukan analisis terhadap model karakteristik individu,
yang diturunkan menjadi tolak ukur identifikasi terhadap informasi dan ciri-ciri
materi tes, yang selanjutnya dirumuskan menjadi model klasifikasi berbasis
supervised learning. Selain itu, dilakukan juga analisis kebutuhan dalam
implementasi personalisasi tes tertulis. Kontribusi penelitian berupa metode
personalisasi pada fase penilaian pembelajaran. Evaluasi pada keluaran penelitian
berupa pengukuran dampak hasil simulasi personalisasi tes, pengujian cross
validation pada model klasifikasi, dan justifikasi tenaga ahli terhadap rancangan.
Hasil simulasi tes memberikan skor dampak reaksi peserta didik dengan
kesimpulan minat dan motivasi belajar yang sangat tinggi (86% dan 89%).
Sementara dampak terhadap pegetahuan meningkat dengan nilai rata-rata 3.06%.
Jumlah peserta didik pada skala KKM kategori cukup berkurang 4 orang,
meningkat ke kategori baik (2 orang) dan sangat baik (2 orang). Uji cross
validation pada model klasifikasi multi-label memberikan hasil akurasi pada tipe
logika 0.85, tipe verbal 0.87, tipe visual 0.93, dan tipe natural 0.96. Justifikasi
tenaga ahli terhadap rancangan memberikan respon dengan nilai rata-rata sangat
baik (90%).