Article Details

PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS UNTUK BISNIS DEKORASI BARU DI DALAM PASAR INDUSTRI PERNIKAHAN YANG KOPETITIF DAN MENGALAMI PERUBAH (STUDI KASUS: PINECONE DECOR)

Oleh   Annisa Dyanda Larasati [29318152]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nazmi Fathnur Ahmad, S.T., M.Sc.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Administrasi Bisnis
Fakultas :
Subjek :
Kata Kunci : Decoration, Rustic, Wedding, Competition, Promotion
Sumber :
Staf Input/Edit : Roosalina Vanina Viyazza  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-10-01 10:35:33

Pinecone Decor adalah sebuah business yang memberikan jasa dekorasi pernikahan bertema Rustic di Jakarta dan Bandung. Pinecone didirikan pada 2016 dan sempat berhenti beroperasi pada tahun 2018. Setelah kembali pada 2019, Pinecone mengalami penurunan perfoma bisnis dari satu acara perbulan menjadi satu acara per tiga bulan. Untuk menemukan pokok dari permasalahan tersebut, dilakukan analisa kondisi internal dan eksternal. Penelitan untuk proyek ini menggunakan kuesioner, wawancara dan juga pegumpulan data sekunder. Dari hasil analisa ditemukan bahwa penurunan performa bisnis disebabkan oleh (1) misi dan tujuan yang belum jelas, (2) peningkatan kompetisi pasar, (3) kuranganya promosi yang dilakukan, dan (4) jumlah saluran bisnis yang terbatas. Penelitian dan analisa akan memuncak pada analisa SWOT yang menghasilkan berbagai alternatif dan solusi bisnis. Berdasarkan analisa yang dilakukan, terdapat tiga saran alternatif. meliputi saran unuk tetap menjalankan bisnis dengan meningkatkan berbagai upaya, diversifikasi bisnis atau keluar dari pasar. Disarakan bahwa Pinecone tetap pada bisnis saat ini dengan mengadopsi solusi seperti (1) menerapkan misi dan tujuan baru, (2) meningkatkan promosi secara daring (3) meningkatkan saluran bisnis lainnya seperti mengikuti pameran pernikahan dan membangun kerjasama.