Article Details

PERANCANGAN APLIKASI DENGAN SISTEM GAMIFIKASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI MITIGASI GEMPA BUMI BAGI PEMUDA DI BANDUNG

Oleh   Reven Praga Deva [27118063]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Pindi Setiawan, M.Si.;Nuraini Rahma Hanifa;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FSRD- Desain
Fakultas : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Subjek :
Kata Kunci : Aplikasi, User Experience, Gamifikasi, Sesar Lembang
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-30 19:56:55

Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang memiliki kerentanan yang tinggi terhadap gempa dikarenakan kondisi geologinya yang kompleks. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan Sesar Lembang di sebelah Utara Bandung. Sebagai ibukota Jawa Barat yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, Bandung memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan wilayah lain di sekitar Sesar Lembang. Karena itu, berbagai upaya sosialisasi terkait mitigasi, banyak dilakukan, terutama kepada generasi muda di wilayah Bandung. Namun, dalam pelaksanaannya, ditemukan beberapa permasalahan seperti kurangnya media pendukung sosialisasi, kurangnya efektifitas dalam penyampaian materi, kurangnya unsur pemerataan dalam sosialisasi, hingga kurangnya intensitas sosialisasi secara berkala yang menyebabkan kurangnya pemahaman generasi muda di Bandung terhadap kesiapsiagaan bencana. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pemanfaatan media aplikasi menjadi solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan dalam edukasi kebencanaan agar bisa tersampaikan secara efektif, merata, dan menarik bagi generasi muda di wilayah Bandung. Perancangan aplikasi ini dilakukan untuk mendukung upaya sosialisasi tentang potensi bencana Sesar Lembang dan juga edukasi terkait mitigasi agar pemuda di wilayah Bandung memiliki kesiapsiagaan terhadap gempa. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggunakan design thinking sebagai metode perancangannya. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, kuisioner dan juga studi literatur. Hasil dari perancangan ini berupa aplikasi sosialisasi tentang Sesar Lembang dan edukasi tentang mitigasi gempa bagi generasi muda di wilayah Bandung. Dengan menambahkan unsur gamifikasi dalam aplikasi tersebut, terbukti dari hasil User Testing bahwa konten-konten seputar mitigasi gempa bumi dapat disampaikan dengan lebih baik dan menarik.