Article Details

MUSEUM BENCANA ALAM DAN MITIGASINYA BERBASIS TEKNOLOGI MEDIA INTERAKTIF DAN PENGALAMAN RUANG

Oleh   Winalda Nurshadrina Sari [17316010]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Kukuh Rizki Satriaji, S.Ds., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FSRD - Desain Interior
Fakultas : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Subjek :
Kata Kunci : Bencana Alam, Program Mitigasi, Pendekatan Manusia, Edukasi, Teknologi Interaktif, Pengalaman Ruang, Empati.
Sumber :
Staf Input/Edit : Noor Pujiati.,S.Sos  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-30 19:46:45

Generic placeholder image
2020 TA PP WINALDA NURSHADRINA SARI 1.pdf)u

Terbatas
» ITB


Setiap tahunnya Indonesia mengalami lebih dari 1000 aktivitas bencana alam dan setiap tahunnya korban dari bencana alam tersebut kadang bertambah dan berkurang menurut situatsi. Akan tetapi, tidak terdapat pencegahan preventif dalam menangani angka tersebut untuk meningkatkan ketahanan hidup dalam bencana alam. Mitigasi bencanan alam masih dilihat sebagai sesuatu yang bersifat tambahan bukan sebagai aktivitas yang wajib dilakukan dan diketahui. Fakta inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa masih banyak orang tidak diajarkan secara tepat tentang hal tersebut. Selain itu, tingkat ketertarikan untuk mempelajari bencana alam dan mitigasinya masih rendah. Maka dari itu perlu terdapat arahan baru dalam program edukasi dan fasilitas edukasi yang bisa meningkatkan ketertarikan orang-orang untuk belajar. Pengalaman ruang adalah salah satu cara untuk mengembangkan sistem belajar yang menyenangkan. Bersama dengan teknologi interaktif, program pengalaman ruang bisa meningkatkan perasaan empati terhadap korban bencana alam, tetapi juga membuat orang ingin belajar lebih baik tentang bencana alam dan mitigasinya.