Article Details

PERANCANGAN METODE PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI SISTEM MRP TERTUTUP TERMODIFIKASI PADA AREA PRODUKSI PER KOIL PT CLOVER

Oleh   Arif Shafwan Rasyid [13416069]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Sukoyo, M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTI - Teknik Industri
Fakultas : Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Subjek :
Kata Kunci : perencanaan dan pengendalian produksi, sistem MRP tertutup, stok pengaman, work in process, area produksi per koil.
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-30 13:29:52

Generic placeholder image
ABSTRAK Arif Shafwan Rasyid

Terbatas
» ITB


PT Clover merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan produk berupa spring bed atau matras sebagai produk utamanya. Penelitian ini difokuskan di area produksi per koil, yang merupakan area produksi untuk memproduksi matras setengah jadi, dimulai dari membuat per dari kawat mentah yang terbuat dari baja, merakit rangka matras menggunakan per-per tersebut, hingga memoles rangka matras hasil rakitan. Gejala masalah yang timbul di area produksi per koil adalah terjadinya penumpukan Work in Process (WIP) yang disebabkan karena belum adanya perencanaan dan pengendalian produksi yang terstruktur dan belum diketahui kebijakan penyediaan stok pengaman untuk setiap WIP. Oleh karena itu, akan dirancang metode perencanaan dan pengendalian produksi untuk menurunkan WIP yang dihasilkan di area produksi per koil serta akan ditetapkan kebijakan penyediaan stok pengaman untuk setiap WIP tersebut. Untuk menurunkan WIP yang dihasilkan di area produksi per koil, dirancang suatu metode perencanaan dan pengendalian produksi sistem Material Requirements Planning (MRP) tertutup yang dimodifikasi. Selain itu, kebijakan penyediaan stok pengaman untuk setiap WIP pada suatu minggu diperoleh dengan mengalikan standar deviasi permintaan setiap WIP pada minggu sebelumnya dengan tingkat pelayanan yang dikehendaki oleh manajemen. Berdasarkan hasil simulasi metode perencanaan dan pengendalian produksi yang diusulkan menggunakan skenario permintaan produk yang variatif, diperoleh hasil bahwa untuk kasus perencanaan produksi pada minggu kedua Bulan Februari 2020, 17 dari 21 jenis WIP yang dihasilkan di area produksi per koil dapat diturunkan rata-rata inventori per harinya. Hal ini sejalan dengan tujuan dikembangkannya metode perencanaan dan pengendalian produksi dalam penelitian ini, yaitu untuk menurunkan WIP yang dihasilkan di area produksi per koil.