ABSTRAK Alda Tazkia Fadhilah
PUBLIC Alice Diniarti
COVER - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VII - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VIII - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Alda Tazkia Fadhilah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Alda Tazkia Fadhilah.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelabuhan Soasio merupakan salah satu pelabuhan pengumpan skala regional yang
terletak di daerah Goto, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Pelabuhan
ini turut mengambil peran dalam pendistribusian komoditas, khususnya komoditas
pertanian, perkebunan dan kehutanan, peternakan, serta perdagangan barang besar
dan eceran yang menjadi komoditas utama Kota Tidore Kepulauan. Untuk
mengakomodasi pendistribusian komoditas, dibutuhkan dermaga yang dapat
menangani komoditas berupa kargo potongan (general cargo).
Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan perancangan struktur
dermaga kargo tipe deck on pile di Pelabuhan Soasio, Kota Tidore Kepulauan,
Provinsi Maluku Utara. Struktur dermaga dirancang berdasarkan kriteria desain
yang berlaku dan meliputi perancangan trestle yang menghubungkan dermaga
dengan daratan. Perancangan pada Tugas Akhir mencakup penentuan layout
dermaga, dimensi struktur dan elemen struktural dermaga dan trestle, pemodelan
struktur, desain penulangan struktur, dan analisis daya dukung tanah.
Dalam penentuan layout dermaga dan desain awal struktur, digunakan data
sekunder berupa data karakteristik kapal dan data lingkungan yang didapatkan dari
dokumentasi konsultan. Selain itu, terdapat juga data alat-alat operasional yang
digunakan pada dermaga kargo yang dirancang. Data sekunder yang telah diolah
akan menghasilkan parameter-parameter yang dibutuhkan untuk menentukan
layout dermaga serta perancangan struktur dermaga dan trestle.
Perangkat lunak SAP2000 digunakan dalam pemodelan struktur untuk mengetahui
keandalan desain struktur terhadap beban yang bekerja pada struktur. Pemodelan
dilakukan hingga didapatkan desain struktur yang optimum, yaitu dengan UCR
(unity check ratio) yang berada pada rentang 0,7 hingga 1,0 dan disertai kondisi
defleksi yang memenuhi izin. Adapun nilai UCR optimum yang didapatkan untuk
dermaga adalah sebesar 0,96, sementara untuk trestle adalah sebesar 0,92 dengan
defleksi pada keduanya memenuhi. Gaya dalam elemen struktural dari keluaran
SAP2000 digunakan untuk merancang penulangan elemen struktural. Lalu, analisis
daya dukung tanah juga dilakukan untuk mendapatkan kedalaman serta tinggi tiang
pancang yang dibutuhkan berdasarkan reaksi struktur dan data geoteknik.
Dermaga kargo yang dirancang untuk melayani bongkar muat kargo potongan
(general cargo) dengan kapal terbesar berukuran 5.000 DWT memiliki panjang 135
m dan lebar 12,5 m dengan kedalaman dermaga -7,27 LWS serta elevasi lantai
dermaga +2,4 m dari LWS. Trestle yang dirancang sebagai penghubung dermaga dengan daratan memiliki panjang 68 m dan lebar 6 m dengan elevasi lantai yang
sama dengan dermaga, yaitu +2,4 m dari LWS. Untuk mengakomodasi kapal yang
berlabuh pada dermaga, terdapat fender unit element UE800x1500(E2) serta tee
bollard dengan kapasitas 30 ton.
Elemen struktural pada dermaga dan trestle terdiri dari tiang pancang, balok, pelat,
dan pile cap. Tiang pancang pada dermaga memiliki ukuran 609,6 mm dengan tebal
11,9 mm, sementara tiang pancang pada trestle memiliki ukuran 406,4 mm dengan
tebal 11,13 mm. Terdapat beberapa jenis balok dan pelat yang berada pada dermaga
dengan trestle untuk memenuhi kebutuhan desain dermaga. Secara umum, balok
pada dermaga dan trestle memiliki tebal 1000 mm dan lebar 500 mm. Lalu, pelat
yang berada pada dermaga memiliki ukuran 250 mm, sementara pelat pada trestle
memiliki ukuran 150 mm. Pile cap yang terdapat pada kedua struktur tersebut
mengikuti diameter tiang pancang masing-masing serta kebutuhan lainnya,
sehingga pile cap dermaga berukuran 1300 mm x 1300 mm x 1500 mm, sementara
pile cap trestle berukuran 900 mm x 900 mm x 1500 mm.
Penulangan untuk elemen struktural beton dermaga dan trestle dilakukan untuk
masing-masing jenis balok, pelat, dan pile cap. Lalu, berdasarkan hasil analisis daya
dukung tanah yang telah dilakukan, didapatkan kebutuhan kedalaman
pemancangan fondasi tiang pancang serta tinggi tiang pancang desain sebagai
berikut. Untuk struktur dermaga, dibutuhkan kedalaman pemancangan sebesar 16
m dengan tinggi seluruh tiang pancang desain untuk dermaga sebesar 24 m.
Sementara itu, untuk struktur trestle dibutuhkan kedalaman pemancangan sebesar
14 m. Tiang pancang desain untuk trestle secara umum adalah sebesar 18 m, kecuali
untuk dua tiang pancang dengan jarak antar tiang 2 m yang berada dekat dengan
sisi dermaga, dibutuhkan tinggi tiang pancang desain sebesar 24 m.
Seluruh hasil desain yang didapatkan untuk struktur dermaga dan trestle dibuatkan
gambar detailed design masing-masing yang terlampir pada laporan Tugas Akhir
ini.