digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Pranaja Abel Amanta
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Pranaja Abel Amanta
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pekerjaan pemancangan tiang pancang dalam pembangunan dermaga laut umumnya dilakukan menggunakan peralatan berbasis darat. Dalam kasus dimana peralatan pemancangan tidak dapat dioperasikan dari darat, khususnya pada perairan, digunakan bantuan struktur barge untuk mengakomodir pekerjaan pemancangan. Struktur barge yang merupakan struktur terapung dapat bergerak akibat menerima gaya-gaya lingkungan perairan sehingga diperlukan tali tambat (mooring) yang mampu mengontrol atau menahan pergerakan struktur barge sesuai dengan batasan atau ketentuan yang ada. Proses desain tali mooring ini akan mengikuti syarat atau kriteria desain berdasarkan referensi API RP 2SK, dimana didalamnya mencakup persyaratan tension maksimum dengan penggunaan faktor keamanan dari nilai minimum breaking load dan persyaratan pergerakan struktur terapung. Desain tali mooring akan memiliki variasi-variasi dalam pemilihan lokasi barge dalam pekerjaan pemancangan, arah datang gaya lingkungan yang mengenai barge, dan properti tali mooring sendiri. Digunakan bantuan perangkat lunak pemodelan respons struktur dimana selanjutnya dapat dilakukan analisis terhadap keluaran pemodelan berupa nilai-nilai tension pada tali mooring dan respons perpindahan struktur barge. Analisis keluaran pemodelan menyatakan bahwa variasi tali mooring 60 mm grade 1960 Mpa dengan nilai minimum breaking load sebesar 2510 kN memiliki nilai tension tali mooring dan perpindahan struktur barge yang memenuhi persyaratan tension maksimum dan perpindahan maksimum.