digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Erwin Rachman Wicaksono
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Erwin Rachman Wicaksono
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Kepuasan pasien merupakan tujuan utama suatu pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satu indikator bahwa pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik adalah tidak adanya pasien yang terlihat gelisah atau cemas saat menunggu antrian di ruang tunggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memmengaruhi kecemasan pasien saat menunggu antrian di ruang tunggu apotek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengobservasi langsung ke lapangan dan tidak mengintervensi subjek sehingga data yang diperoleh realistis dan alamiah. Instrumen penelitian menggunakan peneliti sebagai empatisan yang memposisikan diri sebagai subjek yang diamati. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara sarana duduk dengan kecemasan pasien apotek. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat sarana duduk pengurai stress atau alat penunjang kenyamanan posisi istirahat ketika pasien sedang duduk di kursi tunggu.