digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP FEBY KHARDINA HAFSYANI 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Pendidikan di masa kanak-kanak merupakan hal penting untuk perkembangan anak-anak serta persiapan mereka untuk mempersiapkan ke tahap pendidikan selanjutnya. Namun disaat yang bersamaan, masa kanak-kanak juga dikenal dengan masa bermain. 2 kegiatan tersebut sangat berlawanan, dimana kegiatan belajar adalah kegiatan dimana anak-anak harus fokus pada soal atau tugas yang diberikan, sementara bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu, para peneliti membuktikan bahwa kegiatan belajar juga bisa dilakukan saat bermain, terutama bagi anak-anak, sehingga munculah taman kanak-kanak dan beberapa teori pendidikan anak-anak sesuai dengan tahap usianya, kegiatan yang dapat mendukung kegiatan belajar anak-anak, dan beberapa teori lainnya yang mendukung pendidikan para anak. Dengan muncul beberapa teori tersebut dan perkembangan zaman, maka lahirlah program kegiatan belajar maupun jenis sekolah yang baru, salah satunya adalah sekolah alam.