ABSTRAK Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana COVER Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana BAB 1 Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana BAB 2 Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana BAB 3 Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana BAB 4 Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana BAB 5 Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana PUSTAKA Rakhma Ramadhina Bajari
PUBLIC yana mulyana
Keluhan merupakan bentuk ketidakpuasan atas kualitas suatu produk, pernyataan
bahwa pada produk terdapat sesuatu yang salah atau tidak baik. Secara umum di
industri farmasi, keluhan berkaitan dengan kualitas produk obat, dapat berupa
keluhan pada aspek kemasan, misalnya kebocoran kemasan, atau aspek produk dan
efeknya, misalnya warna dan bau yang berubah, atau tablet patah, atau efek yang
tidak sesuai dengan klaim. Penanganan yang kurang tepat terhadap suatu keluhan
produk dapat menyebabkan keterulangan keluhan yang sama. Keluhan berulang
terjadi pada produk suplemen kesehatan X yang diproduksi oleh PT ABC. Tujuan
penelitian ini adalah melakukan kajian terhadap prosedur penanganan keluhan
produk X, dengan menggunakan Ishikawa diagram (Fishbone diagram). Kajian
penyebab keluhan berulang produk suplemen kesehatan X dilakukan terhadap
empat langkah penerimaan keluhan produk yaitu Penerimaan komplain (receiving
complaints), Investigasi (Technical Investigation), Corrective Action and Feedback
to Customer dan Monthly report and trend analysis. Dari hasil pengkajian, didapat
kesimpulan bahwa keluhan berulang kemungkinan disebabkan oleh tidak
digunakannya alat investigasi dalam review terhadap dokumentasi, sehingga
penyebab keluhan tidak terinvestigasi dengan baik; Tindakan perbaikan telah
ditentukan, namun tidak ada dokumentasi kapan dilaksanakannya tindakan
perbaikan, tidak ada dokumentasi terhadap evaluasi efektivitas tindakan perbaikan;
serta tidak ada dokumentasi terhadap trend analysis yang dilakukan terhadap
keluhan produk X di tahun 2017 dan 2018, sehingga terdapat kemungkinan tidak
ada kajian terhadap root cause dan tindakan perbaikan keluhan berulang produk X.