digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ellen Emanuela
PUBLIC Alice Diniarti

Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia, salah satunya sektor ekonomi. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi adalah Cicil. Cicil merupakan salah satu perusahaan teknologi financial lending yang hadir untuk menjawab kebutuhan mahasiswa akan alternatif pembiayaan untuk kebutuhannya. Pengguna Cicil dapat mengakses layanan pinjaman Cicil melalui website atau aplikasi telepon genggam. Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa pengguna Cicil masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi Cicil sehingga kepuasan pengguna terhadap aplikasi Cicil masih rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan usability aplikasi Cicil dengan melakukan evaluasi usability untuk fitur pembuatan akun, pelengkapan profile, pengajuan cicilan uang kuliah, dan pengajuan cicilan barang. Evaluasi usability dilakukan dengan menggunakan metode usability testing dan diukur berdasarkan parameter efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Metode pengambilan data yang digunakan adalah remote usability testing dengan melibatkan 20 orang partisipan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa usability aplikasi cicil masih rendah dikarenakan tidak efektif dan/atau tidak efisiennya kegiatan pembuatan akun, pelengkapan profile, pengajuan cicilan uang kuliah, dan pengajuan cicilan barang. Selain itu, kepuasan pengguna ketika menggunakan aplikasi Cicil sangat rendah, jika diukur menggunakan System Usability Scale berada pada persentil 15-34 (grade D). Setelah melakukan evaluasi usability, dirumuskan 21 rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan usability aplikasi Cicil dengan metode Concept Generation.