digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Henri Haryadi
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

Kecelakaan kendaraan di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan dan pemakaiannya. Salah satu penyebab kecelakaan tersebut adalah dikarenakan kegagalan pada rem sebagai fungsi penghenti kendaraan. Rem yang gagal itu sendiri umumnya dikarenakan penggunaannya yang sudah melewati kemampuan rem yang dikarenakan oleh salah satu fenomena yang terjadi pada material yaitu aus. Aus sendiri merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada komponen mekanik yang umumnya sering mengadakan kontak dengan komponen lain. Penanggulangan aus umumnya menggunakan material pokok yang lebih bagus, namun hal ini umumnya akan meningkatkan biaya dalam proses pengolahannya. Untuk menanggulangi dan menekan kenaikan biaya, digunakan salah satu dari banyak proses pelapisan yaitu Electroless Plating. Dari hasil studi kasus, dapat dilihat bahwa banyak factor dan parameter yang mempengaruhi Ni – P diantaranya temperatur larutan dimana terdapat nilai optimum yaitu , pH, pengaruh heat treatment dan lain –lain; Terlepas dari parameter, beberapa dari hasil akhir nickel plating memiliki kelemahan pada morfologi mikrostrukturnya, yaitu adanya porositas. Porositas ini bisa ditanggulangi dengan menambahkan partikel alumina ke larutan yang ikut terdeposisi ke lapisan. Percobaan penambahan alumina membuktikan kenaikan kekerasan yang juga meningkatkan ketahanannya terhadap aus dibandingkan dengan lapisan nickel plating biasa.