digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

OZORA Yearbook adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri kreatif dalam penyediaan layanan lengkap pembuatan buku tahunan sebagai kenangan bagi siswa akhir di suatu sekolah. Berdasarkan laporan tahun 2019, OZORA belum dapat memenuhi ekspektasi target pencapaian dan terus mengalami penurunan penjualan yang disertai penurunan margin keuntungan dari tahun sebelumnya. Untuk mendapatkan gambaran kondisi perusahaan, peneliti mengumpulkan data menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan focus group discussion, serta analisis terhadap data kuantitatif dari hasil kuesioner tingkat kepuasan pelanggan. Data ini digunakan lebih lanjut dalam menganalisa bisnis model kanvas perusahaan dan analisa kompetitor. Dari hasil analisa, potensi permasalahannya adalah strategi diferensiasi produk dan jasa yang digunakan tidak cukup untuk meningkatkan penjualan dikarenakan hal tersebut dapat ditiru dengan mudah dan cepat. Persaingan yang semakin ketat ditunjukkan dengan adanya perang harga dari pesaing yang menawarkan kualitas dan strategi yang sama. Ketidakmampuan untuk menekan biaya karena menurunnya daya tawar terhadap key partners, dan perubahan trend, menyebabkan daya tawar terhadap produk dan service kepada konsumen menjadi menurun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa OZORA masuk ke dalam samudra merah yang penuh persaingan. Sebuah inovasi nilai perlu diciptakan sebagai salah satu strategi agar OZORA dapat keluar dari kondisi diatas. Peneliti bersama pihak OZORA, membuat kuesioner kedua dan memetakan hasil kuesioner tersebut ke dalam blue ocean strategy tools dan framework. Rumusan inovasi nilai baru ini dapat menjadi pertimbangan bagi OZORA dalam mengidentifikasi blue ocean strategy, untuk mendapatkan kesempatan memperluas pangsa pasar dan menemukan market baru sehingga dapat memperbaiki kondisi perusahaan.