Article Details

PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PROYEK BANGKO WATERFLOOD UNTUK MENCAPAI AIR BUANGAN NOL SEBAGAI KEPATUHAN TERHADAP KEBIJAKAN PERUSAHAAN CHEVRON

Oleh   Bona Sulthony [29117323]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Utomo Sarjono Putro, M.Eng.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Environmental Performance Standard, Produced Water, Decision Making, Simple Multi Attribute Rating Technique, Value-Focus Thinking, Alternative selection.
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-27 07:47:41

Masalah lingkungan dan keselamatan sangat penting dalam bisnis hulu minyak dan gas dunia. Berdasarkan kesadaran yang lebih tinggi dari para pemangku kepentingan terhadap lingkungan, masalah ini akan mendorong perusahaan minyak dan gas untuk lebih memperhatikan lingkungan yang akan lebih menantang dan kompleks seiring dengan berlanjutnya bisnis. Pengelolaan Lingkungan, melindungi manusia dan lingkungan, adalah nilai Chevron Way yang memandu tindakan untuk mendapatkan hasil dengan cara yang benar, setiap saat. Taruhannya tinggi, dan toleransi rendah untuk hal-hal yang berdampak negatif pada masyarakat dan lingkungan. PT Chevron Pacific Indonesia memainkan peran penting dalam melindungi lingkungan, mencapai tujuan Keunggulan Operasional dan dalam memenuhi harapan area fokus lingkungan. Prinsip-prinsip lingkungan Chevron mengambil pendekatan siklus hidup untuk mendefinisikan bagaimana Chevron menyediakan energi dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Untuk implementasi, Chevron memiliki pedoman yang disebut Standar Kinerja Lingkungan (EPS) dan salah satu pedoman implementasinya adalah untuk pembuangan air yang diproduksi di hulu. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk memilih solusi alternatif terbaik untuk pembuangan air terproduksi di Bangko Gathering Station untuk memenuhi Standar Kinerja Lingkungan (EPS) Chevron pada pedoman Air yang Diproduksi dengan tujuan mendasar adalah untuk mengurangi potensi dampak lingkungan dan paparan kewajiban terhadap Chevron. Ini benar-benar menerapkan salah satu nilai perusahaan untuk melindungi manusia dan lingkungan dan untuk mempertahankan operasi keberlanjutan Chevron. Proses pengambilan keputusan untuk memilih alternatif terbaik dalam proyek ini diformalkan dengan menggunakan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) sesuai dengan nilai dan tujuan yang ingin dicapai dan didukung oleh metode Value-Focus Thinking (VFT) untuk mengeksplorasi masalah bisnis dengan mengeksplorasi masalah keputusan dan peluang keputusan yang akan membantu menghasilkan alternatif dan kriteria. Analisis kualitatif dalam proyek ini dilakukan melalui Diskusi Kelompok Fokus yang melibatkan semua pemangku kepentingan dari latar belakang multi-disiplin yang memiliki pengetahuan tentang fasilitas tersebut. Alternatif yang diusulkan dalam penelitian ini adalah alternatif 4 - Run All Spare Pumps & Procure 2 Spare Bare Pump dan Motor. Hasil penelitian ini diusulkan menjadi proyek dan akan diimplementasikan menggunakan konsep manajemen proyek.