Industri perbankan perlu untuk mempelajari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku
penggunaan layanan mobile banking dalam jaringan, untuk memastikan bahwa bank akan
memberikan kinerja terbaik bagi nasabahnya. BNI Taplus Muda adalah produk perbankan
mobile yang berfokus pada nasabah umur 17 sampai dengan 35 tahun. Terdapat kenaikan
jumlah nasabah BNI Taplus Muda pada BNI cabang Ganesha dari tahun 2018 ke 2019. Oleh
karena itu, perlu dilakukan riset untuk mengembangkan strategi yang tepat sehingga BNI
cabang Ganesha dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah yang terdapat
dalam program BNI Taplus Muda. Beberapa alat analisis digunakan untuk membantu penelitian
ini, yakni matriks SWOT, dan TOWS, PESTLE, Porter’s Five Forces, analisis kompetitor, serta
UTAUT2. Penelitian menemukan bahwa Price Value dan Hedonistic Motivation merupakan
dua faktor yang mempengaruhi Behavior Intention to Use secara positif dan signifikan.
Beberapa solusi yang diajukan berdasarkan riset adalah melakukan kolaborasi dengan berbagai
kegiatan mahasiswa, kolaborasi dengan pelaku bisnis dengan menciptakan produk edisi
terbatas, beserta potongan khusus untuk nasabah BNI Taplus Muda, membuat situs web
tersendiri untuk produk BNI Taplus muda, memberikan pilihan fasilitas kartu debit digital, dan
pemberian hadiah seperti saldo TapCash bagi nasabah.