digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri perbankan perlu untuk mempelajari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku penggunaan layanan mobile banking dalam jaringan, untuk memastikan bahwa bank akan memberikan kinerja terbaik bagi nasabahnya. BNI Taplus Muda adalah produk perbankan mobile yang berfokus pada nasabah umur 17 sampai dengan 35 tahun. Terdapat kenaikan jumlah nasabah BNI Taplus Muda pada BNI cabang Ganesha dari tahun 2018 ke 2019. Oleh karena itu, perlu dilakukan riset untuk mengembangkan strategi yang tepat sehingga BNI cabang Ganesha dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah yang terdapat dalam program BNI Taplus Muda. Beberapa alat analisis digunakan untuk membantu penelitian ini, yakni matriks SWOT, dan TOWS, PESTLE, Porter’s Five Forces, analisis kompetitor, serta UTAUT2. Penelitian menemukan bahwa Price Value dan Hedonistic Motivation merupakan dua faktor yang mempengaruhi Behavior Intention to Use secara positif dan signifikan. Beberapa solusi yang diajukan berdasarkan riset adalah melakukan kolaborasi dengan berbagai kegiatan mahasiswa, kolaborasi dengan pelaku bisnis dengan menciptakan produk edisi terbatas, beserta potongan khusus untuk nasabah BNI Taplus Muda, membuat situs web tersendiri untuk produk BNI Taplus muda, memberikan pilihan fasilitas kartu debit digital, dan pemberian hadiah seperti saldo TapCash bagi nasabah.