digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Tugas Akhir
PUBLIC karya

Pada saat proyek ini dibuat, belum ada integrasi sistem komunikasi data kelistrikan untuk meteran listrik residensial di Indonesia. Pendataan dan kontrol meteran listrik dilakukan secara langsung oleh petugas pengelola kelistrikan. Sama hal nya dengan pelanggan, untuk melakukan pengecekan data kelistrikan meteran listrik, pelanggan perlu secara fisik mendatangi unit meter untuk melihat data kelistrikan. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan baik dari sisi pengelola maupun pelanggan. Sistem meteran listrik digital dirancang dengan tujuan merancang sebuah sistem komunikasi data pada meteran listrik, sehingga data penggunaan dan kendali dapat diakses dengan mudah baik dari sisi operator kelistrikan maupun pelanggan. Adapun meteran listrik digital merupakan perangkat meteran listrik cerdas berbasis Internet-of-Things (IoT). Perangkat ini memiliki sistem komunikasi data dua arah terhubung internet menggunakan teknologi LoRa® sehingga data listrik dapat diakses secara digital. Salah satu fitur utama dari meteran listrik digital adalah penambahan pulsa listrik dengan pembayaran melalui payment gateway, Sehingga pengguna dapat melakukan top-up melalui pembayaran di supermarket, internet banking, atau dompet digital. Selain itu data penggunaan meteran listrik, dapat diakses melalui sistem antarmuka oleh operator maupun pelanggan. Pada sistem ini dibuat arsitektur sistem komunikasi data pada meteran listrik digital, yang mencakup basis data, protokol, server, sehingga memungkinkan pelanggan melakukan akses pembayaran melalui payment gateway. Pelanggan juga dapat melakukan akses data meteran listrik, kendali meteran listrik, dan notifikasi, melalui antarmuka yang disediakan. Pada dokumen ini penulis akan berfokus pada implementasi sub sistem payment gateway dan antarmuka. Jasa payment gateway yang digunakan adalah Midtrans. Untuk antarmuka pelanggan diimplemetasikan dengan aplikasi mobile, sedangkan antarmuka operator dengan web dashboard. Hasil implementasi fitur payment gateway dan akses data melalui antarmuka berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.