Saat ini generasi yang sedang banyak diperbincangkan adalah Generasi Z, di mana generasi ini
merupakan generasi yang akan mulai memasuki dunia kerja. Usia tertua dari gen Z saat ini
adalah 25 tahun, beberapa dari mereka ada yang sudah mulai memasuki Perguruan Tinggi,
sedang menempuh Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri, dan ada juga yang mulai
memasuki dunia kerja. Di Indonesia, jumlah orang yang yang saat ini belajar di Perguruan
Tinggi Swasta sebanyak 206,112 orang. Generasi Z dikenal sebagai generasi pertama yang
tumbuh dan dibesarkan dengan ponsel dan smartphone. Generation Z memiliki motivasi,
pandangan, dan harapan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Perbedaan ini tentu
menimbulkan kebutuhan yang berbeda antar generasi dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui preferensi karakteristik organisasi Generasi Z. Karakteristik
organisasi yang digunakan meliputi 11 karakteristik yaitu financial incentives, workplace
conditions and security, good environment, organizational flexibility, learning opportunities,
autonomy, communications and feedback/self-expression, stability, leadership career, corporate
social responsibility, dan work-life balance yang diperoleh berdasarkan tinjauan literatur. Lebih
lanjut, penelitian ini juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan karakteristik organisasi
berdasarkan jenis kelamin pada Generasi Z.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistik menggunakan perangkat lunak (IBM
SPSS 21) yang menganalisis 682 dari seluruh responden universitas swasta. Berdasarkan analisis
deskriptif, penulis menemukan bahwa Generasi Z memiliki karakteristik organisasi yang paling
mereka inginkan pada karakteristik workplace conditions and security seperti tempat kerja yang
melindungi kesehatan dan keselamatan, mendapatkan fasilitas yang menunjang dan ruang kerja
yang nyaman. Selanjutnya, hasil analisis statistik yang berkaitan dengan perbedaan karakteristik
organisasi berdasarkan jenis kelamin dari Generasi Z, penulis menemukan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan pada Generasi Z di seluruh aspek karakteristik organisasi yang
diteliti. Karakteristik organisasi yang paling mereka inginkan baik pria maupun wanita, mereka
memiliki priotas yang sama tetapi skor wanita lebih tinggi dibandingkan pria yaitu workplace
conditions and security, good environment, dan financial incentives. Oleh karena itu, untuk
menyambut generasi muda ini dengan baik, organisasi perlu memberikan penawaran yang
menarik dalam mempertimbangkan preferensi generasi ini. Selain itu, perusahaan juga perlu
menyadari perkembangan lingkungan, terutama teknologi dan tren gaya hidup.