digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini generasi yang sedang banyak diperbincangkan adalah Generasi Z, di mana generasi ini merupakan generasi yang akan mulai memasuki dunia kerja. Usia tertua dari gen Z saat ini adalah 25 tahun, beberapa dari mereka ada yang sudah mulai memasuki Perguruan Tinggi, sedang menempuh Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri, dan ada juga yang mulai memasuki dunia kerja. Di Indonesia, jumlah orang yang yang saat ini belajar di Perguruan Tinggi Swasta sebanyak 206,112 orang. Generasi Z dikenal sebagai generasi pertama yang tumbuh dan dibesarkan dengan ponsel dan smartphone. Generation Z memiliki motivasi, pandangan, dan harapan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Perbedaan ini tentu menimbulkan kebutuhan yang berbeda antar generasi dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi karakteristik organisasi Generasi Z. Karakteristik organisasi yang digunakan meliputi 11 karakteristik yaitu financial incentives, workplace conditions and security, good environment, organizational flexibility, learning opportunities, autonomy, communications and feedback/self-expression, stability, leadership career, corporate social responsibility, dan work-life balance yang diperoleh berdasarkan tinjauan literatur. Lebih lanjut, penelitian ini juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan karakteristik organisasi berdasarkan jenis kelamin pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistik menggunakan perangkat lunak (IBM SPSS 21) yang menganalisis 682 dari seluruh responden universitas swasta. Berdasarkan analisis deskriptif, penulis menemukan bahwa Generasi Z memiliki karakteristik organisasi yang paling mereka inginkan pada karakteristik workplace conditions and security seperti tempat kerja yang melindungi kesehatan dan keselamatan, mendapatkan fasilitas yang menunjang dan ruang kerja yang nyaman. Selanjutnya, hasil analisis statistik yang berkaitan dengan perbedaan karakteristik organisasi berdasarkan jenis kelamin dari Generasi Z, penulis menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada Generasi Z di seluruh aspek karakteristik organisasi yang diteliti. Karakteristik organisasi yang paling mereka inginkan baik pria maupun wanita, mereka memiliki priotas yang sama tetapi skor wanita lebih tinggi dibandingkan pria yaitu workplace conditions and security, good environment, dan financial incentives. Oleh karena itu, untuk menyambut generasi muda ini dengan baik, organisasi perlu memberikan penawaran yang menarik dalam mempertimbangkan preferensi generasi ini. Selain itu, perusahaan juga perlu menyadari perkembangan lingkungan, terutama teknologi dan tren gaya hidup.