Small Medium Enterprises (SMEs) merupakan salah satu sektor bisnis yang jumlahnya
terus bertumbuh dan jenisnya terus berkembang terutama dalam kategori industri
pakaian. Rimbang merupakan salah satu SMEs yang memproduksi seragam profesi anak
dan telah beroperasi selama hampir 25 tahun di Kota Bandung dengan jumlah penjualan
yang meningkat dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan bulan Agustus. Namun,
seiring dengan pertumbuhan SMEs yang terus meningkat dan dengan adanya marketplace
platforms menjadi salah satu penyebab turunnya penjualan produk dalam kurun waktu tiga
tahun terakhir yaitu pada tahun 2017, 2018 dan 2019.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan strategi yang paling sesuai berdasarkan
faktor internal dan eksternal yang ada. Hasil analisis faktor internal menunjukkan kekuatan
berupa reputasi dan hubungan yang baik serta kelemahan berupa jenis produk yang musiman
dan mudah ditiru. Hasil analisis faktor eksternal menunjukkan kesempatan berupa penjualan
online dan integrasi kedepan serta ancaman berupa pendatang baru potensial dan kompeitisi
yang semakin tinggi. Hasil analisis digunakan untuk melakukan formulasi strategi dengan
menggunakan SWOT Analysis, TOWS matrix dan Porter’s Generic Strategy.
Strategi yang diusulkan adalah Cost Leadership Strategy dan Forward Integration sebagai
strategi yang digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi bisnis dan strategi
pemasaran yang ada. Strategi tersebut dilakukan dengan mengembangkan sumber daya yang
terbatas, menerapkan aktivitas rantai nilai yang efektif dan melakukan pemasaran produk
secara langsung kepada konsumen akhir melalui penjualan online dan offline.