digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Small Medium Enterprises (SMEs) merupakan salah satu sektor bisnis yang jumlahnya terus bertumbuh dan jenisnya terus berkembang terutama dalam kategori industri pakaian. Rimbang merupakan salah satu SMEs yang memproduksi seragam profesi anak dan telah beroperasi selama hampir 25 tahun di Kota Bandung dengan jumlah penjualan yang meningkat dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan bulan Agustus. Namun, seiring dengan pertumbuhan SMEs yang terus meningkat dan dengan adanya marketplace platforms menjadi salah satu penyebab turunnya penjualan produk dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan strategi yang paling sesuai berdasarkan faktor internal dan eksternal yang ada. Hasil analisis faktor internal menunjukkan kekuatan berupa reputasi dan hubungan yang baik serta kelemahan berupa jenis produk yang musiman dan mudah ditiru. Hasil analisis faktor eksternal menunjukkan kesempatan berupa penjualan online dan integrasi kedepan serta ancaman berupa pendatang baru potensial dan kompeitisi yang semakin tinggi. Hasil analisis digunakan untuk melakukan formulasi strategi dengan menggunakan SWOT Analysis, TOWS matrix dan Porter’s Generic Strategy. Strategi yang diusulkan adalah Cost Leadership Strategy dan Forward Integration sebagai strategi yang digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi bisnis dan strategi pemasaran yang ada. Strategi tersebut dilakukan dengan mengembangkan sumber daya yang terbatas, menerapkan aktivitas rantai nilai yang efektif dan melakukan pemasaran produk secara langsung kepada konsumen akhir melalui penjualan online dan offline.