digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Permainan Video merupakan salah industry kreatif yang menjajikan keuntungan yang tinggi. Dalam hal ini Permainan video yang dibuat oleh Studio Indie juga berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukutp tinggi. Dalam hal ini, Studio Story Tale dengan produk terbaru dan andalan mereka yaitu PAMALI : Indonesian Folklore Horror yang baru rilis di akhir tahun 2018 dengan sejauh ini sudah merilis konten terbaru mereka sebanyak dua DLC. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Story Tales Studio dalam mengetahui factorfaktor apa saja yang dapat mempengaruhi perilaku dalam keputusan pembeli untuk membeli game Pamali dengan menganalisa factor internal menggunakan STP dan marketing mix dilanjutkan dengan menganalisa faktor eksternal menggunakan Competitor Analysis, Consumer Analysis, PEST analysis, dan Porter Five Force Analysis. Metodologi penelitian adalah kuantitatif dengan mendistribusikan kuisoner kepada responden yang hobi bermain Game untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan responden untuk membeli game Pamali. Dengan menggunakan Regresi Linier Berganda ,Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor utama yang mempengaruhi keputusan consumer untuk membeli Game adalah motivasi secara personal (kebutuhan) dan budaya/kebiasaan (Culture) diikuti dengan Produk, Tempat Menjual barang, Promosi, Harga kemudian dengan menggunakan kerangka SOSTAC, Story Tale Studio dapat mengimplementasikan ke strategi optimasi Pemasaran Digital, promosi melalui influencer and media online, dan promosi mengenai budaya horror dalam kultur Indonesia.