digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Tugas Akhir
PUBLIC karya

Dewasa ini, penggalangan dana dapat dilakukan dengan online melalui aplikasi crowdfunding. Aplikasi crowdfunding yang paling dikenal di Indonesia saat ini adalah Kitabisa. Setelah melakukan riset dengan kuesioner, ditemukan beberapa masalah yang dialami pengguna seperti filter yang tidak cukup, metode pembayaran yang tidak dapat digunakan, dan keraguan akan galang dana yang diadakan. Aplikasi crowdfunding lain yang berhasil menyelesaikan masalah-masalah tersebut adalah aplikasi Indogiving. Banyak orang yang menggunakan aplikasi Indogiving untuk menggalang dana, namun sedikit orang yang melakukan donasi pada campaign tersebut, sehingga tidak sedikit campaign yang gagal mencapai targetnya. Setelah melakukan riset dengan wawancara, ditemukan beberapa masalah yang dialami pengguna pada aplikasi ini seperti tampilan aplikasi yang terkesan sibuk dan alur pembayaran yang berbelit serta membingungkan. Tugas Akhir ini melakukan perbaikan interaksi dari aplikasi ini dengan menggunakan pendekatan user-centered design. Selain itu, Tugas Akhir ini juga melakukan penerapan gamifikasi pada aplikasi dengan harapan meningkatkan motivasi pengguna untuk melakukan donasi. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah prototipe high-fidelity yang dibuat dengan Adobe XD serta memiliki usability goals dan user experience sebagai capaian keberhasilan. Hasil pengujian prototipe didapatkan dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), Situational Motivation Scale (SIMS), Single Ease Question (SEQ) dan Multidimensional Competitive Orientation Inventory (MCOI). Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe berhasil mencapai usability goals yaitu effective to use dan easy to learn, serta user experience goals yaitu motivating. Penerapan gamifikasi pada prototipe juga meningkatkan motivasi dan menimbulkan persaingan antar pengguna.