Cover
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Abstract
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Tugas Akhir
PUBLIC karya
Dewasa ini, penggalangan dana dapat dilakukan dengan online melalui aplikasi
crowdfunding. Aplikasi crowdfunding yang paling dikenal di Indonesia saat ini
adalah Kitabisa. Setelah melakukan riset dengan kuesioner, ditemukan beberapa
masalah yang dialami pengguna seperti filter yang tidak cukup, metode pembayaran
yang tidak dapat digunakan, dan keraguan akan galang dana yang diadakan.
Aplikasi crowdfunding lain yang berhasil menyelesaikan masalah-masalah tersebut
adalah aplikasi Indogiving. Banyak orang yang menggunakan aplikasi Indogiving
untuk menggalang dana, namun sedikit orang yang melakukan donasi pada
campaign tersebut, sehingga tidak sedikit campaign yang gagal mencapai
targetnya. Setelah melakukan riset dengan wawancara, ditemukan beberapa
masalah yang dialami pengguna pada aplikasi ini seperti tampilan aplikasi yang
terkesan sibuk dan alur pembayaran yang berbelit serta membingungkan. Tugas
Akhir ini melakukan perbaikan interaksi dari aplikasi ini dengan menggunakan
pendekatan user-centered design. Selain itu, Tugas Akhir ini juga melakukan
penerapan gamifikasi pada aplikasi dengan harapan meningkatkan motivasi
pengguna untuk melakukan donasi. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah prototipe
high-fidelity yang dibuat dengan Adobe XD serta memiliki usability goals dan user
experience sebagai capaian keberhasilan. Hasil pengujian prototipe didapatkan
dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), Situational Motivation Scale
(SIMS), Single Ease Question (SEQ) dan Multidimensional Competitive
Orientation Inventory (MCOI). Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe
berhasil mencapai usability goals yaitu effective to use dan easy to learn, serta user
experience goals yaitu motivating. Penerapan gamifikasi pada prototipe juga
meningkatkan motivasi dan menimbulkan persaingan antar pengguna.