digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Candra Aldilla Syamsuar
PUBLIC Taupik Abidin

Knowledge Sharing memainkan peran penting dalam sistem Knowledge Management yang saat ini mengalami pertumbuhan pesat dalam dekade terakhir. Konsep knowledge sharing tidak lepas dari konsep Knowledge Management dimana banyak peneliti sangat yakin dengan fungsi signifikan dari knowledge sharing untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai. Penerapan konsep manajemen pengetahuan akan menjadi positif ketika perusahaan merangkul pengetahuan dengan mekanisme pembelajaran dalam hal ini menggunakan lembaga pendidikan dan pengembangan perusahaan, pusat pelatihan tradisional atau Corporate Universirty. Karena penelitian ini adalah comparative study, maka penelitian ini akan menggambarkan perbandingan penerapan konsep KM pada Traditional Training Center (TTC) dan Corporate University (CU) mengenai pelaksanaan KS didalamnya. Metode eksplorasi kualitatif diadopsi dalam penelitian ini untuk menggali dan menemukan ide, pendapat, fenomena dan gejala baru yang mana data primer diperoleh dari wawancara semi terstruktur sedangkan data sekunder dikumpulkan dengan observasi dan studi pustaka. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dan adopsi konsep KS melalui sistem KM di CU memainkan peran penting begitupun juga untuk TTC. Sebaliknya penerapan yang dilakukan sangat berbeda antara masing-masing perusahaan, terjadi beberapa alasan yang memengaruhi karyawan untuk membagikan ilmunya yang sebagian besar dilakukan karena adanya rencana pensiun. Untuk membandingkan implementasi KS terhadap CU dan TTC dalam penelitian ini, penulis menemukan perbedaan yang cukup signifikan untuk kedua perusahaan tersebut.