Article Details

BAGAIMANA VOUCHER PROMOSI YANG DITAWARKAN OLEH PERUSAHAAN TRANSPORTASI ONLINE MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DI INDONESIA

Oleh   Claudia Stefanie Sutandi [19017331]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ira Fachira, S.Si., M.T., Ph.D.;Dr. Marc Porter;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Voucher Promosi, Perusahaan Transportasi Online, Keputusan Pembelian Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-24 07:20:03

Salah satu cara perusahaan transportasi online menerapkan sistem pemasarannya adalah dengan memberikan voucher dan tambahan cashback untuk memikat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Pembelian ulang merupakan salah satu indikator loyalitas pelanggan. Dampak jangka pendek voucher promosi terbukti efektif untuk keputusan pembelian pelanggan terhadap barang di suatu perusahaan, namun studi ini akan memperdalam analisis apakah strategi tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel promosi juga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan kinerja pengguna aktif bulanan Gojek dan Grab yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap produk yang dikembangkan perusahaan akan menjadi sangat penting. Dengan pelanggan yang semakin loyal terhadap suatu perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja kelangsungan hidup perusahaan. Dengan kesadaran tersebut, perusahaan transportasi online seperti Gojek dan Grab begitu antusias mengeluarkan berbagai bentuk promosi yang mereka miliki.