digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Claudia Stefanie Sutandi
PUBLIC Taupik Abidin

Salah satu cara perusahaan transportasi online menerapkan sistem pemasarannya adalah dengan memberikan voucher dan tambahan cashback untuk memikat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Pembelian ulang merupakan salah satu indikator loyalitas pelanggan. Dampak jangka pendek voucher promosi terbukti efektif untuk keputusan pembelian pelanggan terhadap barang di suatu perusahaan, namun studi ini akan memperdalam analisis apakah strategi tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel promosi juga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan kinerja pengguna aktif bulanan Gojek dan Grab yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap produk yang dikembangkan perusahaan akan menjadi sangat penting. Dengan pelanggan yang semakin loyal terhadap suatu perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja kelangsungan hidup perusahaan. Dengan kesadaran tersebut, perusahaan transportasi online seperti Gojek dan Grab begitu antusias mengeluarkan berbagai bentuk promosi yang mereka miliki.