digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Viola Hartono
PUBLIC Taupik Abidin

Skema pariwisata Indonesia menyimpan banyak sekali potensi yang belum tergali dalam keanekaragaman negara dan topografi yang eksotis. Namun, industri pariwisata menghadapi banyak tantangan yang hanya dapat diubah melalui pariwisata berkelanjutan. Istilah ini, meski sudah dikenal di sebagian besar negara maju, masih relatif tidak pernah terdengar dalam konteks Indonesia, terutama di antara sektor swasta yang mendominasi industri pariwisata. Studi ini bertujuan untuk menargetkan sektor swasta pariwisata Indonesia dan memasarkan konsep pariwisata berkelanjutan untuk investasi bisnis individu. Sebagai perusahaan, satu-satunya cara untuk memasarkan ide adalah dengan menghubungkannya dengan profitabilitas bisnis mereka. Pemasaran pariwisata berkelanjutan termasuk mendeskripsikan penerapan dalam lingkungan mikro Indonesia dan menghubungkan setiap aspek dengan pembangunan negara melalui kerangka kerja komprehensif untuk sektor swasta. Studi eksplorasi terapan, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sekunder untuk mengumpulkan data dari sumber terpercaya dan kesaksian langsung. Analisis menyeluruh menemukan bahwa pariwisata berkelanjutan, meskipun sulit, dapat diterapkan sepenuhnya di Indonesia, beradaptasi dengan lingkungan lokal seperti yang dijelaskan dalam penelitian ini. Selain itu, setiap aspek pariwisata berkelanjutan mengarah pada profitabilitas sektor swasta, yang mendorong pembangunan negara secara keseluruhan. Memanfaatkan kerangka yang dikembangkan selama studi ini, sektor swasta harus diyakinkan bahwa konsep pariwisata berkelanjutan harus diterapkan di Indonesia, mulai dari tingkat individu.