Skema pariwisata Indonesia menyimpan banyak sekali potensi yang belum tergali dalam
keanekaragaman negara dan topografi yang eksotis. Namun, industri pariwisata menghadapi
banyak tantangan yang hanya dapat diubah melalui pariwisata berkelanjutan. Istilah ini, meski
sudah dikenal di sebagian besar negara maju, masih relatif tidak pernah terdengar dalam konteks
Indonesia, terutama di antara sektor swasta yang mendominasi industri pariwisata. Studi ini
bertujuan untuk menargetkan sektor swasta pariwisata Indonesia dan memasarkan konsep
pariwisata berkelanjutan untuk investasi bisnis individu. Sebagai perusahaan, satu-satunya cara
untuk memasarkan ide adalah dengan menghubungkannya dengan profitabilitas bisnis mereka.
Pemasaran pariwisata berkelanjutan termasuk mendeskripsikan penerapan dalam lingkungan
mikro Indonesia dan menghubungkan setiap aspek dengan pembangunan negara melalui
kerangka kerja komprehensif untuk sektor swasta. Studi eksplorasi terapan, penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif sekunder untuk mengumpulkan data dari sumber terpercaya
dan kesaksian langsung. Analisis menyeluruh menemukan bahwa pariwisata berkelanjutan,
meskipun sulit, dapat diterapkan sepenuhnya di Indonesia, beradaptasi dengan lingkungan lokal
seperti yang dijelaskan dalam penelitian ini. Selain itu, setiap aspek pariwisata berkelanjutan
mengarah pada profitabilitas sektor swasta, yang mendorong pembangunan negara secara
keseluruhan. Memanfaatkan kerangka yang dikembangkan selama studi ini, sektor swasta harus
diyakinkan bahwa konsep pariwisata berkelanjutan harus diterapkan di Indonesia, mulai dari
tingkat individu.