digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Jordan Maheswara
PUBLIC Taupik Abidin

Dengan hampir 3000 kedai kopi dan rantai pasokan yang panjang di sektor ini, kopi di Indonesia terikat pada masalah etika dan keberlanjutan. Tren di sektor ini dan perubahan perilaku konsumen dipandang oleh pemasar sebagai peluang untuk menjaring lebih banyak konsumen dengan penggunaan praktik etika atau CSR (Corporate Social Responsibility). Hal ini menciptakan berbagai praktik yang dilakukan oleh perusahaan yang sering kali meninggalkan efek mendekati nol pada konsumen, atau praktik tersebut tidak seperti yang diharapkan dalam benak konsumen. Melakukan praktik etika yang benar dan tepat adalah kunci untuk menarik konsumen, dan mempertahankannya melalui brand loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR dan praktik etika terhadap terciptanya loyalitas merek pada sektor ritel kedai kopi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sekunder dan mengumpulkan data dari sumber yang terpercaya. Studi ini menemukan bahwa praktik etika atau CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, dan praktik tersebut dapat dilakukan di Indonesia. Studi ini juga mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang akan mempengaruhi brand loyalty di sektor ini, yaitu kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas layanan, dan etika yang dirasakan konsumen. Dengan pemikiran ini, perusahaan mungkin dapat berhasil di sektor ini.