digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nabila Nurshaina Aisha T
PUBLIC Taupik Abidin

Konsep interaktivitas telah banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya di media hiburan. Beberapa saat yang lalu, penonton terkagum dengan konsep media terbaru, yakni film interaktif. Film interaktif menggabungkan konsep video game dengan alur sebuah film. Selama film berlangsung, penonton disuguhi berbagai pilihan untuk menentukan hal yang selanjutnya akan dilakukan oleh karakter, sehingga jalan cerita ditentukan oleh keputusan yang dibuat oleh penonton. Hal ini membuat film interaktif menjadi konsep media hiburan yang baru dan menyenangkan. Namun dibalik konsep yang menarik, pembuatan film interaktif memakan biaya yang banyak. Selain itu, karena konsep yang tergolong baru, penelitian tentang topik ini masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu pengalaman, keterlibatan penonton, perilaku setelah menonton, dan hubungan antara ketiga hal tersebut. Penelitian ini menggunakan film interaktif Netflix sebagai objek penelitian karena layanan ini telah populer di Indonesia. Data penelitian diambil dari kelompok umur yang berbeda dan dianalisis dengan analisis linear berganda dan analisis varians. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman penonton pada berbagai kelompok umur serupa, dengan pengalaman terbaik dirasakan oleh kelompok umur remaja. Hasil dari hubungan antara pengalaman, keterlibatan penonton, dan perilaku setelah menonton berbeda dalam berbagai kelompok umur. Netflix disarankan untuk menekankan sisi emosional untuk memikat penonton, serta membuat sistem yang lebih menyenangkan dan meningkatkan keikutsertaan penonton untuk menghasilkan perilaku setelah menonton yang lebih baik.