Article Details

ANALISIS KEPRIBADIAN MEREK POT BRANDING HOUSE DENGAN MENGGUNAKAN SKALA KEPRIBADIAN MEREK JENNIFER AAKER

Oleh   Muh Mubayyinul Haq [19216072]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Isti Raafaldini Mirzanti, M.M.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SBM - Kewirausahaan
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : kepribadian merek, skala kepribadian merek, studio desain, SEM PLS
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-10 15:04:06

Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia cukup menjanjikan, memberikan kontribusi 7,38% terhadap total perekonomian nasional. Kemenparekraf menyebutkan, laju perkembangan 8,14% tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan kaum milenial terhadap pengerjaan citra perusahaan, sistem identitas visual, periklanan dan kebutuhan visual komunikasi lainnya. Pada praktiknya, Asosiasi Desain Grafis Indonesia menampilkan data bahwa jumlah praktisi desainer di Indonesia merupakan yang terbesar dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, baik sebagai desainer perorangan maupun design agency dan studio. Humane, sebagai salah satu studio desain di Bandung menangkap sebuah problematika yang muncul seiring dengan laju perkembangan desain komunikasi visual. Problematika tersebut adalah persaingan yang ketat di industri desain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun keunggulan kompetitif dengan kepribadian merek sebagai salah satu solusi yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian merek POT Branding House di media sosial Instagram, sebagai salah satu konsultan desain grafis ternama yang berbasis di Bandung. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan survei melalui kuesioner online kepada 119 pengikut POT Branding House di media sosial Instagram dan menganalisisnya menggunakan SEM PLS dengan analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian merek yang dipersepsikan oleh pengikut media sosial POT Branding House Instagram adalah Ketulusan, salah satu dari lima dimensi kepribadian merek. Penelitian ini akan digunakan sebagai dasar bagi studio desain di Bandung untuk membentuk keunggulan bersaing.